IBX5980432E7F390 Benarkah Ini Bunga Wijaya Kusuma Asli? - Bunga-bunga

Benarkah Ini Bunga Wijaya Kusuma Asli?

Bungabunga - Selama ini yang kebanyakan yang orang tahu tentang bunga Wijaya kusuma atau bunga wiku (singkatan dari wijaya kusuma) adalah bunga yang penampilannya seperti gambar di bawah ini:

Bunga ini sebenarnya bernama bunga ratu malam

Sebenarnya tanaman bunga di atas adalah "Queen of the night" atau Bunga Ratu Malam. Tanaman ini sebelumnya dimasukkan ke dalam genus Epiphyllum, lalu berdasarkan hasil riset terbaru ternyata tanaman ini termasuk dalam genus Disocactus, anggota keluarga kaktus kaktusan atau Cactaceae. Bunga Ratu Malam merupakan tanaman yang berasal dari negara Meksiko. Setelah dibudidayakan karena bunganya yang cantik dan harum, tanaman ini kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Lalu, yang bagaimanakah tanaman Bunga Wijaya kusuma sesungguhnya yang menjadi mitos sebagai bunga penobatan raja raja jawa?

inilah penampakan Bunga Wijaya Kusuma sesungguhnya

Bunga Wijaya Kusuma asli yang menjadi mitos bunga penobatan raja raja di tanah Jawa adalah Bunga Wijaya Kusuma Kraton yang bernama latin Pisonia grandis varietas silvestris. Tanaman bunga ini adalah tanaman endemik yang aslinya tumbuh di pulau sekitar Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Pulau tempat habitat asli Pisonia grandis var. silvestris yaitu bernama Pulau Majesti. Bahkan di pulau ini terdapat Cagar Wijaya Kusuma, untuk menjaga dan melindungi keberadaan tanaman ini yang terbilang cukup langka.

0 Komentar Untuk "Benarkah Ini Bunga Wijaya Kusuma Asli?"

Posting Komentar