IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Daun Ruskus - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Daun Ruskus


Tanaman Ruskus dalam bahasa ilmiah disebut Ruscus hypophyllum, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Ruscus. Tanaman Ruskus adalah jenis dari enam spesies tanaman berbunga dari famili Ruscaceae yang pada dasarnya masih tergolong dalam keluarga Liliceae. Tanaman Ruskus berasal dari daratan Eropa bagian barat dan selatan, Macaronesia, Afrika dan Asia (Kaukaskus). Tanaman ini mempunyai warna daun hijau segar.
Daun Tanaman Ruskus
Daun Tanaman Ruskus

Ada banyak jenis tanaman ruskus namun jenis yang dijadikan sebagai filler rangkaian bunga atau dekorasi ruangan adalah seperti gambar di atas. Salah satu jenis ruskus yang unik adalah Ruskus aculeatus dimana buah tanaman jenis ini tumbuh di bawah daun. Buahnya sering disebut dengan Butcher's Broom. Oleh karena itu, jenis tanaman ini sering disebut juga Butcher's Broom.

Buah Butcher's Broom tersebut ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi yaitu sudah digunakan sebagai obat pencahar, wasir, gatal, bengkak, varises dan diuretik selama lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1950 juga menunjukkan bukti bahwa ekstrak buah tersebut cukup efektif untuk meringankan berbagai penyakit yang berhubungan dengan sirkulasi darah.

Buah Butcher's Broom dari tanaman Ruscus aculeatus
Buah Butcher's Broom dari tanaman Ruscus aculeatus

Tanaman Ruskus merupakan jenis tanaman yang sering dijadikan salah satu tanaman hias. Tidak hanya menghiasi taman-taman atau halaman rumah, tapi tanaman ruskus juga kerap dijadikan tanaman penghias ruangan yang biasanya ditempatkan dalam pot-pot kecil. 

Dari tanaman ini, yang sering dimanfaatkan dalam dekorasi dan rangkaian bunga adalah daunnya. Warna daunnya yang hijau segar, unik dan estetik serta dapat bertahan lama kerap kali digunakan sebagai filler pada rangkaian bunga atau dekorasi ruangan atau gedung.

Kini, tanaman ruskus tidak hanya sebagai tanaman hias namun telah menjadi salah satu komoditi tanaman yang daunnya dimanfaatkan sebagai daun potong segar. Bahkan ada beberapa penjual di marketplace online sudah ada yang menjual daun ruskus saja tanpa rangkaian bunga. Batang ruskus cukup dimasukkan ke dalam vas bunga yang berisi sedikit air di dalamnya.
Ruskus yang ditempatkan dalam wadah vas bunga

Jika dilihat, cukup cantik juga tanaman ini walau tanpa pendamping bunga atau daun lainnya.

0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Daun Ruskus"

Posting Komentar