IBX5980432E7F390 Jenis Jenis Bunga Potong di Indonesia - Bunga-bunga

Jenis Jenis Bunga Potong di Indonesia


Di Indonesia, ada berbagai macam jenis bunga yang menjadi komoditas dalam perdagangan bunga potong. Kebutuhan bunga potong selain untuk dekorasi (acara pernikahan dll) dan rangkaian bunga (bunga bucket), juga untuk memenuhi hotel, perkantoran dan bahkan rumah tangga.
Bunga potong yang menjadi komoditi perdagangan di Indonesia dan banyak digunakan yaitu antara lain :
  1. bunga mawar
  2. bunga anggrek
  3. bunga lily
  4. bunga sedap malam
  5. bunga aster
  6. bunga krisan
  7. bunga gerbera
  8. bunga karnesen / carnation
  9. bunga pikok
  10. bunga bokor/hortensia

Bunga Mawar
Mawar semi Holland dengan berbagai macam warna
Mawar semi Holland dengan berbagai macam warna

Si ratu bunga ini, selain sering digunakan sebagai bunga dekorasi acara dan rangkaian bunga (bucket bunga) juga menjadi kebutuhan hotel untuk penghias kamar dan ruangan. Jenis bunga mawar potong yang beredar di pasaran tanah air ada dua jenis yaitu yang disebut dengan bunga mawar semi holland dan mawar Malang. Untuk mawar semi holland ada berbagai macam warna dan variannya yaitu putih, merah, pink, orange, kuning, avalance, baby pink, sexy red, burgundy dll. Mawar semi Holland banyak digunakan pada perhotelan berbintang 4 dan 5. Sementara untuk jenis mawar Malang hanya ada dua warna yaitu putih dan merah saja.
Yuk mengenal bunga mawar lebih jauh, klik di sini

Bunga Sedap Malam
Salah satu jenis bunga potong yaitu bunga Sedap Malam
Salah satu jenis bunga potong yaitu bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam mungkin merupakan bunga yang paling sangat dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Pada momen seperti Hari Raya Idul Fitri, bunga ini banyak diperjual-belikan. Bunga sedap malam juga digunakan untuk prosesi dalam rangkaian acara pernikahan dalam adat budaya tertentu. Bunga ini hanya punya satu warna yaitu putih. Dalam satu tangkai terdapat beberapa kuntum bunga. Sesuai namanya, bunga ini punya aroma wangi yang khas dan begitu kuat.
Lebih jauh tentang bunga Sedap Malam baca di SINI
Bunga Anggrek
Anggrek potong Vanda Douglas
Anggrek Vanda Douglas

Jenis dan macam bunga yang satu ini sangat banyak sekali, namun bunga anggrek yang menjadi bunga potong salah satunya adalah jenis Anggrek Vanda Douglas. Sekarang ini, hotel maupun perkantoran yang menggunakan bunga anggrek sebagai penghias bukan lagi jenis bunga anggrek potong tapi bunga anggrek hidup dalam vas / pot. Selain tampak lebih indah, pilihan jenis anggreknya pun beragam.
Baca juga : Mengenal Bunga Anggrek 

Bunga Lily
Jenis Bunga Potong, Bunga Lily
Bunga Lily

Bunga bernama latin Lilium ini termasuk bunga populer yang banyak ditemukan di seluruh kawasan Eropa, Amerika Utara, Australia dan Asia. Di Indonesia, bunga ini juga menjadi salah satu komoditas perdagangan bunga potong. Namun harga bunga ini relatif lebih mahal, konon pembudidayaan bunga ini relatif lebih sulit dari budidaya bunga potong lain seperti mawar misalnya. 
Lebih jauh tentang Bunga Lily klik di SINI

Bunga Krisan
Jual Bunga Mawar
Warna Warni Bunga Krisan

Bunga bernama latin Chrysanthenum dan dikenal juga dengan nama bunga seruni ini punya banyak varian warna, ada putih, merah, pink, kuning, orange, ungu dll. Selain sebagai bunga untuk hiasan di rumah atau kantor, bunga krisan juga banyak digunakan sebagai bunga untuk dekorasi acara seperti acara resepsi pernikahan dan juga bunga papan ucapan.
Baca juga : Mengenal Bunga Krisan

Bunga Aster
Bunga Aster

Tampilan bunga ini mirip pula dengan bunga krisan karena keduanya satu Family yaitu Asteraceae. Maka tak heran, bagi orang awam sering tertukar menyebutkan bunga aster dan bunga krisan. Namun bila dilihat lebih seksama, perbedaan antara krisan dengan aster adalah bunga aster pada ujung kelopak relatif lebih rata antara kelopak yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk ujung-ujung kelopak tersebut membentuk bulatan yang rapih sedangkan pada bunga krisan ujung kelopak tidak rata satu sama lain. Bunga Aster juga mempunyai beberapa varian warna, ada putih, pink, merah, ungu dan lain-lain.
Baca juga : Mengenal bunga Aster

Bunga Gerbera
Bunga Gerbera

Bunga yang sekilas mirip dengan bunga krisan ini ada yang menyebutnya bunga gerbera dan ada yang menyebutnya bunga daisy. Gerbera diambil dari nama belakang seorang peneliti Jerman bernama Traug Gerber yang melakukan ekspedisi ke Afrika Selatan dan menemukan bunga tersebut. Sedangkan daisy merupakan nama belakang seorang kolektor bernama Barberton Daisy yang juga menemukan bunga tersebut di Afrika Selatan tetapi di provinsi yang berbeda dengan Traug Gerber. Jadi bunga ini adalah bukan bunga asli Indonesia dan di sini dikenal sebagai bunga hebras atau herbras. Walaupun bukan bunga asli Indonesia, tetapi bunga gerbera dapat dibudidayakan di Indonesia dengan beberapa kondisi dan persyaratan tentunya.
Yuk mengenal Bunga Gerbera lebih jauh, Klik di SINI
Bunga Carnation (Karnesen)
Bunga Carnation alias Bunga Anyelir
Bunga Carnation alias Bunga Anyelir

Di Indonesia dikenal sebagai bunga anyelir atau ada juga yang menyebut bunga teluki. Bunga bernama ilmiah Dianthus Caryophyllus ini merupakan tanaman hias yang dapat ditanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Warna bunga ini ada yang merah, ada yang putih, ada yang pink dan lain-lain. Bunga ini berasal dari kawasan Mediterania, namun kini sudah dapat dibudidayakan di Indonesia.
Baca juga : Mengenal Bunga Carnation / Karnesen

Bunga Pikok
Bunga Pikok Bunga Potong
Salah satu kebun Bunga Pikok

Warna jenis bunga yang bentuknya kecil ini bermacam-macam ada warna putih, ungu, pink dan merah. Bunga pikok warna putih sering dijadikan sebagai pengganti bunga Baby Breath yang harganya mahal (merupakan salah satu jenis bunga yang masih impor karena belum dapat dibudidayakan di Indonesia). karena dianggap mirp walaupun tidak mirip. Bunga pikok merupakan bunga dekorasi yang tidak mengenal musim dan banyak dibudidayakan di Indonesia.

Bunga Hortensia
Bunga Hortensia alias Bunga Bokor
Bunga Hortensia alias Bunga Bokor

Nama lain dari bunga ini yaitu bunga Bokor. Di Sulawesi Selatan dikenal sebagai "bunga Masamba". Bunga ini juga salah satu bunga yang sering menjadi pelengkap dekorasi atau bahkan menjadikannya sebagai sebuah bucket bunga.
Baca lebih lanjut tentang Bunga Hortensia, klik di SINI
Itulah berbagai macam atau jenis bunga potong yang ada di Indonesia.

0 Komentar Untuk "Jenis Jenis Bunga Potong di Indonesia"

Posting Komentar