IBX5980432E7F390 Mengenal Bunga Mawar, Sang Ratu Bunga - Bunga-bunga

Mengenal Bunga Mawar, Sang Ratu Bunga


Diantara sekian banyak jenis bunga di dunia, bunga mawar bisa dikatakan sebagai bunga yang paling populer di dunia dan tak terkecuali di Indonesia. Tak percaya? coba Anda searching di internet atau googling dengan kata kunci "bunga" maka hasil pencarian akan banyak memunculkan artikel atau berita yang terkait dengan bunga mawar.
Kenapa bunga mawar lebih popular dibanding jenis bunga lain di dunia? Selain mempunyai tampilan yang indah serta aroma wangi yang khas (jenis mawar tertentu) bunga mawar juga punya banyak manfaat.

Mengenal Bunga mawar sang ratu bunga
Mawar Sweet Avalance jenis semi Holland dengan warna pink semu

Secara pemanfaatan bunganya, mawar terbagi menjadi :

1. Bunga mawar untuk parfum, kosmetik, sabun dll. dimana bunga mawar diambil minyaknya yang dikenal sebagai minyak atsiri yang merupakan bahan dasar parfum. Mawar jenis ini tentu merupakan mawar yang mempunyai aroma harum.

Minyak atsiri Mawar
Minyak mawar

2. Tanaman mawar sebagai tanaman hias, umumnya bunga mawar untuk tanaman hias mempunyai aroma wangi atau harum.

3. Bunga mawar sebagai komoditas bunga potong. Di Indonesia, umumnya bunga mawar potong yang berasal dari perkebunan dalam negeri tidak mempunyai aroma kecuali mawar potong yang berasal dari Malang, Jawa Timur yang sedikit beraroma wangi. Mawar potong yang ada di pasaran Indonesia untuk konsumsi florist, toko bunga dan hotel adalah jenis yang disebut Mawar semi Holland. Disebut semi Holland karena menurut sejarahnya, perkebunan mawar yang ada di Indonesia awalnya dibangun oleh orang-orang Belanda yang membawa bibit mawar dari negerinya dan kemudian diokulasi dengan tanaman mawar lokal yang biasa disebut mawar pagar atau mawar kampung.

4. Bunga mawar tabur (biasa digunakan untuk di pemakaman) berasal dari tanaman mawar lokal dan biasaya bunga mawarnya juga mempunyai sedikit aroma.

Mawar warna merah yang menjadi warna favorit di Indonesia Kami menyebutnya mawar sexy red
Mawar warna merah yang menjadi warna favorit di Indonesia
Kami menyebutnya mawar sexy red

Karena keindahan bunganya, aroma dan manfaatnya, maka tak heran banyak negara yang menjadikan bunga mawar sebagai bunga nasional atau pun juga sebagai lambang negara, seperti :

Di negara Inggris dimana mawar (jenis Tudor Rose) merupakan bunga Nasional Inggris, dalam sejarah War of the Roses yang terjadi di negeri Ratu Elizabeth pada tahun 1455-1485 tersebut, bunga mawar menjadi lambang dari dua kubu yang berperang yaitu Kubu Lancaster dengan lambang mawar merah dan kubu Yorkshire dengan lambang mawar putihnya.
Lambang Tudor Rose, Inggris

Di Amerika Serikat yang mempunyai 50 negara bagian, ada 4 negara bagian yang menjadikan bunga mawar sebagai lambang negara yaitu negara bagian New York, Iowa, Dakota Utara dan Georgia.

Negara lain yang menjadikan bunga mawar sebagai bunga nasionalnya yaitu Republik Ceko, Cyprus, Slowakia, Irak, Iran, Luxemburg, Maladewa.

Itulah alasan-alasan mengapa bunga mawar dijuluki Ratu Bunga. Indah, wangi, punya banyak manfaat dan banyak dijadikan bunga nasional serta lambang beberapa negara.

Tanaman mawar liar punya 150 spesies lebih, kalah banyak dengan tanaman anggrek yang punya 26 ribuan spesies.
Kebanyakan dari spesies mawar tersebut tumbuh di belahan bumi yang berudara sejuk dan umumnya merupakan tanaman berduri yang merambat atau memanjat yang dapat mencapai tinggi 2 sampai dengan 5 meter. Dari satu spesies mawar masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis dan sub jenis yang cukup banyak, namun jika dikelompokkan akan terbagi menjadi:

  - Wild Roses
  - Old Garden Roses
  - Climbing Roses
  - Shrub Roses
  - Modern Garden Roses
  - Buck Roses
  - English Roses
  - Miniature Roses

Tanaman mawar merupakan jenis tanaman keras ini yang banyak dikenal di Indonesia sebagian besarnya adalah mawar Hybrid Tea dan Medium Roses. Hybrid Tea merupakan kelompok jenis Modern Garden Roses.

Syarat Tumbuh

Bunga mawar yang dijadikan sebagai komoditi bunga potong segar, lebih bagus ditanam di dataran tinggi minimal 900 mdpl dan berudara sejuk dengan tingkat curah hujan yang tidak terlalu tinggi. Semakin tinggi mdpl, pertumbuhan bunganya semakin besar namun tingkat produksi semakin rendah. Di Indonesia sendiri, bunga mawar potong ditanam di ketinggian maksimum 1500 mdpl.

Sedangkan jenis tanaman mawar seperti tanaman mawar hias (biasa ditanam di dalam pot atau di pekarangan rumah) atau biasa disebut mawar pagar atau mawar kampung dapat hidup atau tumbuh di dataran rendah.


Tanaman Mawar Lokal (Mawar Kampung)

Perbanyakan Tanaman

Perbanyakan tanaman mawar atau budidaya mawar dapat dilakukan dengan cara atau teknik penyemaian dari biji bunganya, stek batang, okulasi tempel dan sambung pucuk.

Demikian sekilas mengenai bunga mawar, semoga bermanfaat. 

0 Komentar Untuk "Mengenal Bunga Mawar, Sang Ratu Bunga"

Posting Komentar