IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Daun Philodendron - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Daun Philodendron


Daun philodendron atau ada yang menyebutnya philodendrum berasal dari tanaman hias yang juga bernama sama yaitu tanaman philodendron. Terdapat kurang lebih 200 spesies tanaman philodendron yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang dapat tumbuh dengan baik. Tanaman philodendron yang tumbuh alami banyak ditemukan di hutan-hutan tropis.

Tanaman philodendrum termasuk dalam famili Araceae, famili yang sama dengan tanaman hias aglaonema yang pernah sempat populer dan berharga sangat mahal dengan salah satu jenis tanaman hiasnya yang bernama daun "gelombang cinta". Belakangan, tanaman hias gelombang cinta tersebut akhirnya tumbang popularitas dan harganya. Banyak yang menyebut popularitas dari tanaman hias gelombang cinta merupakan praktek dari apa yang disebut dengan "monkey business", hal serupa juga terjadi pada ikan "Lou Han".

Tanaman Philodendron di sebuah taman pekarangan
Tanaman Philodendron di sebuah taman pekarangan

Dari cara tumbuhnya, tanaman philodendron ada dua macam yaitu tanaman yang berdiri sendiri atau daratan (terrestial plants) dan epifit atau tanaman yang menumpang pada tanaman lain. Efipit berbeda dengan benalu, dimana benalu sifatnya dapat merusak bahkan menyebabkan mati pada tanaman yang ditumpangi, sedangkan epifit tidak akan merugikan tanaman yang ditumpangi atau tanaman induknya.
Baca juga : Tanaman daun Philo Marble
Untuk keperluan taman atau sebagai tanaman hias, tanaman philodendron  cukup banyak dipergunakan. Tidak hanya sebagai tanaman hias pada pekarangan rumah atau taman outdoor gedung atau perkantoran, tetapi tanaman philodendron juga banyak menjadi penghias di dalam ruangan atau indoor baik rumah maupun perkantoran.

Tanaman Philodendron dalam ruangan rumah
Tanaman Philodendron dalam ruangan rumah

Bentuk daun dari tanaman philodendron cukup menarik dan beragam, mulai dari bentuk seperti hati, panjang melebar, menjari dan lanset. Warna daunnya pun bermacam-macam ada yang hijau muda, hijau tua, hijau kekuningan, merah keunguan hingga merah perak atau kombinasi berbagai warna tersebut. Karena itulah, daun philodendron banyak digunakan sebagai elemen dalam dekorasi.

Daun philodendron yang digunakan untuk keperluan dekorasi diambil bersama dengan batang daunnya dengan tujuan sebagai media pengikat atau agar mudah ditancapkan pada floral foam. Warna daun philodendron yang banyak digunakan untuk keperluan dekorasi adalah yang berwarna hijau dengan bentuk menjari atau jari ada juga yang menyebutnya dengan philo gergaji.

Daun Philodendron yang banyak digunakan untuk dekorasi
Daun Philodendron yang banyak digunakan untuk dekorasi

Demikian sekelumit perkenalan dengan daun tanaman philodendron, semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Daun Philodendron"

Posting Komentar