IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Bunga Krisan - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Bunga Krisan


Bunga krisan bersama dengan bunga aster, bunga gerbera adalah bunga populer yang menjadi salah satu komponen dalam dekorasi bunga. Bunga yang disebut juga bunga Seruni ini masih satu famili atau berkerabat dengan aster, gerbera, dan bunga matahari yang bentuknya mirip-mirip, yaitu famili Asteraceae. Contohnya adalah bunga krisan yang berbentuk bulat dan pompon disebut dengan Chrysanthemum daisy.

Bunga krisan warna warni
Bunga krisan warna warni


Bunga ber-genus atau spesies Chrysanthenum ini mempunyai sekitar 50 genus. Bunga krisan bukan merupakan bunga asli asal Indonesia, namun bunga ini berasal dari daratan Cina. 

Ada dua jenis krisan berdasarkan cara tumbuh bunganya, yaitu krisan standar dan krisan spray. Krisan standar yaitu dalam satu batang hanya ada satu bunga krisan, sedangkan krisan spray dalam satu batang terdapat lebih satu bunga krisan. Tanaman bunga krisan yang biasa dijadikan tanaman hias adalah jenis krisan spray, sedangkan yang dibudidayakan sebagai bunga potong adalah jenis krisan standar.

Bunga krisan sebagai tanaman hias dalam pot
Bunga krisan sebagai tanaman hias dalam pot

Bunga dengan aneka warna ini juga mempunyai aroma atau bau khas yang lembut. Tak jarang ada yang menambahkan bunga ini ke dalam minuman teh sehingga menambah aroma wangi pada minuman dan terasa lebih nikmat. Namun Anda jangan mencobanya ketika bunga krisan yang Anda dapatkan merupakan bunga potong yang dalam budidaya dan perawatannya kemungkinan menggunakan pestisida untuk membasmi hama dan penyakit. Tapi jika bunga krisan yang Anda coba adalah dari tanaman yang ditanam sendiri dan tidak terkena bahan pestisida, Anda bisa mencobanya.

Bunga krisan putih, mirip bunga aster
Bunga krisan putih, mirip bunga aster

Bunga krisan punya arti dan makna yang berbeda di setiap negara, seperti :
  • Di Cina, bunga ini merupakan simbol kebangsawanan.
  • Di Jepang yang punya bunga khas sendiri yaitu bunga sakura justru menjadikan bunga krisan sebagai simbol matahari dan juga dipercaya dapat memanjangkan umur seseorang.
  • Di Chicago, Amerika Serikat, bunga ini populer sebahai perlambang keceriaan.
  • Di Australia dan Belgia, bunga krisan menjadi simbol adanya kematian karena sering dan banyak digunakan dalam prosesi pemakaman.
Budidaya Bunga Krisan

Tanaman bunga krisan yang dibudidayakan menjadi bunga potong idealnya ditanam di daerah dataran tinggi kisaran 700 hingga 1200 mdpl dengan suhu udara sejuk antara 20 hingga 26 derajat celcius. Pembudidayaan bunga ini juga seperti budidaya bunga mawar, aster, dan gerbera yang menggunakan rumah-rumah perlindungan atau green house.

0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Bunga Krisan"

Posting Komentar