IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Palem - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Palem


Suku Palmae mencakup semua tanaman yang biasa disebut Palma atau Palem, yang merupakan bagian atau anggota dari suku pinang-pinangan atau dalam bahasa ilmiah disebut Arecaceae. Anggota lain dari suku Arecaceae selain palem yaitu tanaman kelapa, salak, kurma, sagu, kelapa sawit, enau atau kolang-kaling, gebang dan lontar.

Dari suku Arecaceae tersebut, yang banyak menjadi tanaman hias adalah dari suku Palem. Di Indonesia, kita sangat mudah menemui pohon palem yang punya berbagai jenis tersebut, baik untuk tanaman hias di taman maupun di dalam ruangan.

Berikut ini beberapa jenis pohon palem di Indonesia 

Palem Merah
Tanaman Hias, Palem Merah
Tanaman Hias, Palem Merah

Tanaman dengan batang berwarna merah cerah ini berasal dari Kalimantan yang banyak di tanam di pekarangan atau taman-taman. Palem Merah yang bernama latin Cyrtostachys lakka ini dapat berbuah dengan warna buah yang merah mencolok.

Palem Kuning
Tanaman Hias Palem Kuning
Tanaman Hias Palem Kuning

Tanaman Palem bernama latin Chrysalidocarpus lutescens ini pertama kali ditemukan di Madagaskar. Palem Kuning dapat dijadikan tanaman hias di luar maupun di dalam ruangan. Sebagai tanaman hias dalam ruangan, ditanam dalam pot-pot dengan ukuran tanaman tidak lebih dari 1 meter, namun jika ditanam di pekarangan makan tanaman ini dapat tumbuh mengembang dengan membentuk beberapa cabang dan daunnya panjang melengkung.

Palem Botol
Palem Botol

Tanaman berasal dari Amerika dan punya nama latin Hyophorbe lagenicaulis ini pernah sangat populer di Indonesia. Palem ini unik, dimana bentuk batang yang menyerupai botol dan daunnya menyerupai pohon kelapa. Palem Botol banyak menghiasi pekarangan atah halaman rumah mewah taman-taman atau landscape hotel maupun gedung perkantoran.

Palem Jepang
Tanaman Hias Palem Jepang
Tanaman Hias Palem Jepang

Entah kenapa dinamakan Palem Jepang, padahal tanaman ini berasal dari benua Australia. Tanaman bernama latin Pytchosperma macarthurii ini memiliki daun seperti sirip dengan anak-anak daung berpasangan dan bergerigi.

Palem Raja
Tanaman Hias Palem Raja
Tanaman Hias Palem Raja

Jenis palem bernama latin Roystonea regia ini berasal dari Karibia dan kawasan tropis Amerika. Di Indonesia, tanaman Palem Raja banyak ditemukan di pulau Jawa. Palem Raja banyak ditanam di pinggir jalan utama komplek perumahan besar dan mewah atau kawasan dengan jalan-jalan besar.

Palem Ekor Tupai
Tanaman Hias Palem Ekor Tupai
Tanaman Hias Palem Ekor Tupai

Tanaman ini disebut juga dengan Foxtail palm dengan ciri khas pada daunnya yang mirip ekor tupai. Sama dengan jenis Palem Raja, pohon Palem Ekor Tupai dapat tumbuh tinggi hingga 7 meter.

Palem Bambu
Tanaman Hias Palem Bambu
Tanaman Hias Palem Bambu

Jenis palem bernama latin Chamaedorea erumpems ini tidak seperti palem raja atau palem botol yang tumbuh besar, palem bambu tumbuh menyerupai semak-semak seperti pohon bambu. Palem bambu ternyata punya bunga yang menarik berwarna merah putih.

Palem Kipas
Tanaman Hias Palem Kipas
Tanaman Hias Palem Kipas

Palem Kipas atau nama latinnya Livistona chinensis mempunyai daun mirip kipas dengan panjang garis tengah antara 30 hingga 50 cm. Ketinggian pohon Palem Kipas dapat mencapai tinggi 10 meter. Ada beberapa kultivar dari Palem Kipas antara lain Palem Sadeng, Waregu, Palem Kol dll. 

Palem Serdang
Tanaman Hias Palem Serdang (Sadeng)
Tanaman Hias Palem Serdang (Sadeng)

Dari nama latinnya, Palem Serdang (livistona rotundifolia) atau ada yang menyebutnya Palem Sadeng juga berkerabat dengan Palem Kipas (livistona chinensis) terbukti daun Palem Serdang juga mirip kipas hanya saja agak lebih besar ruas-ruas daunnya. Palem Serdang memiliki duri pada tangkai daunnya. Namun demikian tanaman ini banyak dijadikan tanaman hias baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Palem Palas Payung
Tanaman Hias Palem Palas Payung
Tanaman Hias Palem Palas Payung

Jenis palem bernama latin Licuala grandis ini berasal dari Papua Nugini. Daunnya tidak mudah sobek, bentuk daunnya menyerupai kipas bundar yang utuh dan dapat memayungi yang ada di bawahnya. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah besar dan mewah, taman gedung perkantoran atau hotel.

Demikian beberapa jenis tanaman palem yang sering kita jumpai di Indonesia.

0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Palem"

Posting Komentar