IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Bunga Gerbera - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Bunga Gerbera


Gerbera merupakan tanaman bunga hias dan menjadi salah satu jenis bunga potong yang banyak digunakan sebagai bunga dekorasi baik untuk dekorasi panggung, dekorasi ruangan mau pun untuk bunga papan.
Bunga Gerbera yang masih keluarga Asteraceae (mencakup bunga matahari, bunga aster, bunga krisan, bunga gerbera, bunga dandelion, bunga selada) ini di Indonesia dikenal dengan nama lain yaitu bunga Hebras atau Herbras.
Karena masih dalam satu keluarga asteraceae tersebut, bahkan ada yang menyebut bunga ini dengan bunga Gerbera daisy. Daisy sendiri merupakan sebutan untuk bunga aster dalam bahasa Inggris. 

Awalnya bunga Gerbera merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di alam bebas dengan lebih dari 40 spesies yang tersebar mulai dari daratan Amerika Selatan, Afrika, Madagaskar hingga kawasan tropis Asia. Trauggot Gerber seorang naturalis berkebangsaan Jerman menemukan tanaman bunga ini di Afrika Selatan saat melakukan ekspedisi. Di provinsi Transvaal, Afrika Selatan seorang kolektor bernama Robert Jameson juga menemukan bunga ini. Kemudian spesies bunga yang ditemukan tersebut diberi nama Gerbera Jamesonii yang diambil dari masing-masing sebagian nama kedua penemu tsb.

Hingga kemudian pada sekitar abad ke-19 bunga Gerbera mulai dibudidayakan di Kebun Raya Cambridge, Inggris oleh Richrad Lynch seorang kurator di Kebun Raya tersebut. Budidaya dilakukan dengan cara penyilangan dua spesies Gerbera yaitu Gerbera Jamesonii  dan Gerbera Viridofilia. Bunga Gerbera yang sekarang banyak dibudidayakan dan diperdagangkan sebagai bunga potong adalah merupakan kultivar keturunan dari hasil persilangan tersebut.

Bunga Gerbera yang juga mempunyai warna-warna yang cerah dan menarik seperti merah jambu, merah, putih, pink, orange dan kuning ini dibudidayakan dengan satu cara yaitu penyemaian biji.

Bunga Gerbera Kuning
Bunga Gerbera Kuning

Di Indonesia, bunga Gerbera setidaknya terdapat 3 jenis yang dibudidayakan berdasarkan pada bentuk, struktur helai kelopak dan mahkota bunganya :

1. Gerbera bunga selapis
Helai mahkota bunga tersusun selapin dan umumnya berwarna merah, kuning dan merah jambu.
   
2. Gerbera berbunga dua
Helai mahkota tersusun bervariasi lebih dari satu. Lapis helai mahkota bagian luar nampak perbedaan susunannya.

3. Gerbera berbunga tiga lapis
Dominan warna bunganya merah bervariasi kuning atau hijau kekuningan.

Bunga Gerbera Orange
Bunga Gerbera Orange

Syarat Pertumbuhan:

1. Ketinggian tempat tanaman bunga Gerbera adalah antara 560 - 1.400 mdpl (meter di atas permukaan laut)
2. Curah hujan berkisar antara 1.900 - 2.800 mm per tahun
3. Beriklim sejuk dengan suhu udara minimal 13.7-18 derajat celcius dan maksimal 19.5 - 30 derajat celcius.
4. Tanah yang baik yaitu tanah lempung berpasir, subur dan banyak mengandung bahan organik atau humus.

Itulah sekelumit perkenalan dengan Tanaman Bunga Gerbera.

0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Bunga Gerbera"

Posting Komentar