IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Bunga Bougenville si Bunga Kertas - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Bunga Bougenville si Bunga Kertas


Bunga Hias - Bunga Bougenville atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai bunga kertas merupakan bunga tanaman hias yang cukup populer. Disebut bunga kertas karena kelopak bunganya sangat tipis seperti kertas. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Zinnia Flower. Bunga kertas bukan termasuk komoditi bunga potong, hanya tanaman bunga hias saja serta ada yang menjadikan tanaman ini menjadi tanaman bonsai.

Bunga kertas ini aslinya berasal dari daratan Amerika Selatan, ditemukan oleh seorang prajurit Angkatan Laut Perancis bernama Sir Louis Antoine de Bougainville. Oleh karenanya, bunga ini kemudian diberi nama "Bougenville". Setelah penemuan tersebut, tanaman bunga ini kemudian berkembang dan menyebar ke seluruh dunia. Nama tanaman dan bunga Bougenville juga ada yang berbeda di beberapa negara. Di Argentina, Bolivia, Brazil, Paraguay dan Uruguay bunga ini bernama "Santa Rita". Di Kolombia, Puerto Rico, Republik Dominika dan Venezuela bunga ini dinamakan "Trinitaria".

Bunga Bugenvil alias si Bunga Kertaas
Bunga Bugenvil alias si Bunga Kertaas jenis Bambino Baby Allison

Bunga bernama ilmiah Bouginvillea ini banyak orang di negara lain yang menganggapnya sebagai tanaman hias yang membawa keberuntungan. Salah satu ciri tanaman ini adalah bunganya yang lebat terkadang menutupi daunnya. Di habitat aslinya yaitu alam bebas, tanaman bunga bougenville dapat tumbuh tinggi hingga beberapa meter dan cenderung tidak beraturan tetapi jika dijadikan tanaman hias maka tanaman ini dapat dipangkas dan dibentuk sehingga tidak tumbuh tinggi. Bahkan ada yang menjadikan tanaman bougenville seperti tanaman bonsai dengan bunganya yang rimbun.
Bonsai tanaman bunga bougenville

Tanaman Bougenville (atau orang kita sering menyebutnya dengan bugenvil) mempunyai beberapa jenis atau macam dengan aneka warna bunga dan nama yang berbeda pula seperti Bougenville Coconut Ice yang warna bunganya putih.

Bunga Bougenville Coconut Ice
Salah satu jenis Bunga Bougenville : Bougenville Coconut Ice

Untuk mengetahui berbagai macam jenis bunga bougenville silahkan baca artikelnya pada tautan di bawah ini :
Macam dan Jenis Bunga Bougenville

Bagaimana Menanam dan Merawat Bunga Bugenvil?

1. Cara menanam tanaman bunga Bugenvil sangat mudah sekali. Ada dua cara untuk menanamnnya, pertama dengan teknik stek batang dan yang kedua dengan cara sambung pucuk.

2. Media tanam yang digunakan bisa tanah biasa atau media tanam yang dapat dibeli di kios penjual tanaman hias, namun yang paling bagus adalah media tanah yang sedikit berpasir karena tanaman ini menyukai media tanah yang sedikit berpasir.

3. Pemupukan terhadap tanaman ini juga mudah, tidak memerlukan pupuk khusus cukup dengan menggunakan pupuk kandang kering secara periodik seperti pupuk kandang kambing yang banyak dijual di toko-toko pupuk atau penjual tanaman hias.

4. Tanaman bunga Bugenvil membutuhkan sinar matahari yang cukup, sehingga apabila Anda menanamnya dalam pot maka letakkan pada tempat yang mendapatkan cukup sinar matahari.

5. Siramlah tanaman bunga ini secukupnya dan pangkas secara teratur tanaman ini agar tidak terlalu tinggi dan dapat dibentuk sesuai keinginan.

Demikian sekilas tentang tanaman bunga hias Bougenville

0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Bunga Bougenville si Bunga Kertas"

Posting Komentar