IBX5980432E7F390 Mengenal Bunga Anggrek Yang Penuh Pesona - Bunga-bunga

Mengenal Bunga Anggrek Yang Penuh Pesona


Suku anggrek-anggrekan yang bernama latin / ilmiah Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas mulai dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar. Ada sebanyak 26 ribuan spesies anggrek dengan 5 ribuan spesies tersebar di Indonesia. Dari satu spesies misalnya anggrek Cattleya saja banyak jenis, rupa dan warnanya. Belum lagi dengan jenis anggrek hasil persilangan, yang biasa disebut dengan anggrek hybrid atau hybrida. Banyak sekali ya?
Genus anggrek antara lain : dendrobium, paraphalaenopsis, grammatophyllum, cymbidium, ascocentrum, phlaenopsis, macodes, vanda, renanthera, spathoglottis dan lain-lain.
Indonesia sangat memuliakan bunga anggrek dimana salah satu jenis bunga anggrek bernama Anggrek Bulan ditetapkan sebagai bunga Nasional Indonesia dan diberi nama Puspa Pesona. Di Jakarta saja ada dua taman anggrek yaitu Taman Anggrek yang berlokasi di dekat TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta Timur dan Taman Anggrek Ragunan yang lokasinya bersebelahan dengan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Di kawasan Cikole, Lembang, juga terdapat Orchid Forest yang mempunyai koleksi anggrek hingga 6 ribuan spesies. Belum lagi di daerah-daerah lainnya di Indonesia.
Daftar spesies dan jenis anggrek yang dilindungi di Indonesia
Dari sekitar 5 ribuan jenis anggrek yang ada di Indonesia, baru sebagian kecil saja yang dikenal oleh masyarakat diantaranya yaitu :

1. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan Putih
Anggrek Bulan Putih

Jenis anggrek bernama latin Phalaenopsis Ambilis ini mempunyai aroma harum dan waktu mekar yang lebih lama. Dari namanya, anggrek ini masuk dalam genus phalaenopsis. Di dunia, nama bunga ini dikenal dengan nama Moon Orchid. Spesies asli tanaman anggrek bulan banyak tumbuh di Kalimantan Barat. Warna spesies anggrek bulan ada warna putih dan ungu, bahkan di negara Taiwan terdapat jenis anggrek bulan dengan corak totol-totol. Sedangkan anggrek bulan berwarna kuning merupakan anggrek hybrida hasil persilangan anggrek bulan warna putih dengan anggrek bulan warna ungu. Anggrek Bulan warna putih ditetapkan sebagai salah satu bunga Nasional Indonesia dengan julukan Bunga Puspa Pesona.

2. Anggrek Vanda Douglas

Mengenal Bunga Anggrek Vanda Douglas
Anggrek Vanda Douglas salah satu jenis dari spesies Vanda

Spesies anggrek yang popular dari genus Vanda antara lain anggrek Vanda Douglas, Vanda Tricolors dll. Anggrek Vanda Douglas merupakan salah satu jenis anggrek potong. Anggrek jenis ini masuk kategori anggrek tanah selain anggrek Emma dan Kalajengking. Dikatakan anggrek tanah (disebut : Terestial), karena anggrek ini ditanam secara mandiri di atas tanah dengan media seperti sabut kelapa, bukan menempel atau menumpang pada tanaman lain (Epifit).
Dahulu anggrek jenis ini banyak ditanam atau dibudidayakan di daerah Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Maka tidak mengherankan jika bunga anggrek menjadi salah satu ikon dari Tangerang Selatan.

3. Anggrek Dendrobium

Mengenal Bunga Anggrek, Salah satu jenis Anggrek Dendrobium
Salah satu jenis dari spesies Anggrek Dendrobium

Tanaman anggrek jenis ini selain dapat tumbuh mandiri juga dapat hidup dengan cara menempel pada tumbuhan lain yang disebut dengan Epifit. Berbeda dengan cara hidup benalu, dimana tumbuhan yang ditumpangi akan mati, sedangkan Epifit tidak akan merugikan tanaman yang ditumpangi. Keunggulan anggrek Dendrobium adalah dapat berbunga dalam kurun waktu satu bulan dengan daya tahan bunga dapat mencapai 2 minggu lamanya. 

Genus dendrobium ini merupakan genus anggrek yang paling banyak jenisnya. Anggrek Dendrobium juga menjadi salah satu komoditi bunga potong di Indonesia dan juga jenis anggrek yang paling banyak dan mudah dibudidayakan
Baca juga : Anggrek Dendrobium
4. Anggrek Cattleya

Mengenal Bunga Anggrek Cattleya Ungu
Anggrek Cattleya Ungu

Genus Cattleya ini dijuluki sebagai ratunya bunga anggrek. Jenis ini sangat unik dari kemampuan masa berbunganya yang dipengaruhi dari bentuk daunnya. Jika daunnya lebar tapi pendek, maka tanaman anggrek ini akan sering berbunga. Namun bila memiliki bentuk daun yang tidak lebar dan cenderung memanjang maka akan jarang berbunga.

5. Anggrek Selop

Anggrek Selop mirip Kantung Semar

Anggrek berbentuk unik ini merupakan jenis tanaman anggrek endemik yang berasal dari lereng Gunung Semeru. Namun demikian, anggrek Selop ini sudah dapat dibudidayakan.

6. Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah, Endemik Samosir, Sumatera Utara

Jenis anggrek ini hanya ditemukan di Indonesia, karena merupakan tanaman anggrek endemik yang ditemukan pertama kali tahun 1976 di pulau Samosir, Sumatera Utara. Nama "Hartinah" diambil dari nama istri presiden Soeharto yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Tien, sebagai penghormatan atas jasa Ibu Tien terhadap pengembangan anggrek di Indonesia.
Anggrek ini termasuk salah satu jenis anggrek yang dilindungi karena keberadaan di tempat asalnya termasuk jenis anggrek langka.

7. Anggrek Hybrida

Salah satu anggrek hybrida

Secara awam, anggrek ini merupakan hasil persilangan tanaman anggrek bukan anggrek spesies yang benar-benar murni tumbuh secara alami bukan hasil persilangan. Biasanya persilangan dilakukan oleh nursery atau pemuliaan tanaman anggrek dengan tujuan salah satunya menghasilkan varietas anggrek baru yang berbeda dengan yang lain.

Video menikmati indahnya anggrek persilangan


0 Komentar Untuk "Mengenal Bunga Anggrek Yang Penuh Pesona"

Posting Komentar