IBX5980432E7F390 Mengenal Bunga Lily Bunga Ratu Taman - Bunga-bunga

Mengenal Bunga Lily Bunga Ratu Taman


Dalam bahasa Inggris bunga ini disebut bunga Lily, sedang dalam bahasa latin atau bahasa ilmiah disebut Lilium Regale. Di dunia, bunga Lily yang mendapat julukan bunga Ratu Taman merupakan bunga favorit kedua setelah sang ratu bunga Mawar. Di Indonesia, bunga Lily dikenal dengan nama bunga Bakung, karena bunga ini berasal dari tanaman bernama tanaman Bakung. Terdapat kurang lebih 110 jenis Lily yang masuk dalam Genus Liliaceae yang dianggap sebagai bunga Lily sesungguhnya. Bahkan bunga Tulip dianggap sebagai keluarga Lily dan bunga Lotus atau Teratai juga dianggap sebagai Lily air. Ada satu jenis bunga Lily yang tidak masuk dalam genus liliaceae yaitu Calla Lily.
Ada berbagai macam warna bunga Lily, Lili atau bunga Bakung ini, diantaranya putih, kuning, jingga, merah, merah muda atau pink, ungu, orange dan lain-lain. Coraknya pun beragam, ada yang polos dan ada yang berbintik menyerupai bunga Anggrek. Selain mempunyai tampilan memikat, bunga Lili juga mempunyai aroma harum. Sehingga dahulu bangsa Mesir sudah menggunakan ekstrak bunga lili untuk membuat parfum atau minyak wangi.
Bunga Lily putih

Bunga Lily warna pink
Bunga Lily warna pink

Bunga Lili dapat ditemukan di seluruh kawasan Eropa, Asia, Amerika Utara dan Australia. Bunga ini akan dapat mudah ditemukan di Jepang karena bunga ini tersebar luas di negeri Sakura tersebut. Di Jepang sendiri, bunga ini disebut dengan bunga "Yuri". Ada yang mengatakan bahwa Jepang adalah tempat terbaik untuk menemukan bunga Lili. Tidak mengherankan bila bunga Lili yang bercorak unik dan berbintik berasal dari Jepang. Setidaknya ada empat jenis bunga Lili Jepang yang terkenal dengan corak unik berbintik tersebut yaitu:
  1. Oni Yuri
  2. Kanoko Yuri
  3. Yama Yuri
  4. Kuruma Yuri
Yama Yuri, Lily dari Jepang
Yama Yuri, salah satu varietas Lily dari Jepang

Dibalik keindahan dan aroma yang wangi, ada satu jenis bunga lili yang mempunyai racun berbahaya yaitu jenis Valley Lily. Jika mengkonsumsi bunga ini dalam jumlah banyak, maka akan merasa mual, disfungsi jantung, gagal ginjal bahkan kematian.
Di Eropa dahulu kala, orang yang menggunakan bunga atau simbol Lily sebagai perhiasan adalah orang-orang yang berasal dari kalangan bangsawan dan kaum terpandang.

Bunga Lily merupakan lambang dari Organisasi Kepanduan (Pramuka) Dunia (WSOM / World Organization of Scout Movement). Di Indonesia, bunga Lili juga dijadikan salah satu simbol yang terpasang pada salah satu ujung kerah pakaian Pramuka. 

Salah satu negara di Afrika yaitu Zimbabwe menjadikan bunga Lily dari jenis Flame Lily (Gloria Rothschildiana) sebagai bunga nasional negaranya.


0 Komentar Untuk "Mengenal Bunga Lily Bunga Ratu Taman"

Posting Komentar