IBX5980432E7F390 Jenis jenis Tanaman Bunga Bougenville - Bunga-bunga

Jenis jenis Tanaman Bunga Bougenville


Bunga Hias - Dalam keseharian, kebanyakan masyarakat kita mengenal jenis bunga bougenville ini hanya dengan memberi label bougenville merah, bougenville putih, bougenville pink, bougenville kuning dan bougenville orange. 
Secara ilmiah, Bougenville (di Indonesia biasa dilafalkan atau diucapkan dengan bugenvil) atau dikenal juga dengan bunga kertas ini merupakan genus tanaman dari famili Nyctaginaceae dengan nama latin Bougainvillea. Genus Bougainvillea ini mempunyai beberapa spesies yang dikenal yaitu :
  • Bougenville arborea
  • Bougenville glabra
  • Bougenville peruviana
  • Bougenville buttiana
  • Bougenville spinosa
  • Bougenville spectablilis.
Selain spesies-spesies di atas, masih terdapat pula spesies lain serta jenis bougeville lain yang merupakan sub-spesies atau juga berasal dari perkawinan silang antar spesies. Beberapa jenis atau varietas bunga bougenville yang paling dikenal yaitu :

®  Bougenville After glow
®  Bougenville California Gold
®  Bougenville Cherry Blossom
®  Bougenville Coconut Ice
®  Bougenville Alexandra
®  Bougenville Gold Rush
®  Bougenville Bambino antara lain :
  • Bambino Baby Allison
  • Bambino Baby Lauren
  • Bambino Majik
  • Bambino Pedro
  • Bambino Firefly
  • Bambino Zulu
  • Bambino Siggi
  • Bambino Bokay
  • Bambino Bunnings
®  Bougenville Baby Victoria
®  Bougenville Barbara Karst
®  Bougenville Singapore

Diluar jenis di atas, masih ada jenis lain seperti Bougenville Elizabeth Angus, Bougenville Red, Bougenville Pultonii, Bougenville Easter Parade, Bougenville Lady Mary Baring. Namun jenis-jenis bougenville ini kurang populer dibanding jenis bougenville hybrida di atas. Yang unik dari setiap jenis bunga bougenville di atas adalah masing-masing jenis mempunyai warna unik tersendiri yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Dari jenis bougenville di atas, jenis terakhir yaitu bunga bougenville Singapura merupakan jenis bougenville yang digemari di Indonesia terutama para pecinta tanaman bonsai. Jenis bougenville Singapura ini memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis bougenville lainnya yaitu daun pada batang lebih banyak dan tumbuh rapat serta ukuran daunnya yang jauh lebih kecil dari jenis bougenvile lain sehingga bougenville Singapura digemari di sini untuk dijadikan tanaman bonsai.

Bougenville Singapore
Bougenville Singapore
Bougenville After Glow
Bougenville After Glow
Bougenville After Glow

Bougenville after glow ini disebut sebut merupakan bougenville hybrida hasil persilangan spesies bougenville buttiana. Jika ditelusuri, varietas bougenville ini hasil karya sebuah nursery di Florida, Amerika Serikat.

Bougenville California Gold
Jenis dan Macam Bunga Bougenville
Bougenville California Gold

Bougenville California Gold dikenal juga dengan nama lain yang berbeda-beda yaitu Bougenville Sunset, Bougenville Hawaiian Gold atau Bougenville Golden Glow. Walaupun bernama California atau Hawaiian, namun varietas ini aslinya berasal dari negara Brasil bagian selatan.


Bougenville Cherry Blossom
Jenis dan Macam Bunga Bougenville - Cherry Blossom
Bougainvillea cherry blossom

Jika ada yang belum tahu dengan cherry blossom, admin kasih tahu ya...cherry blossom adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk bunga sakura. So, tidak salah jika bougenville ini diberi nama bougenville cherry blossom karena tampilan bunganya memang mirip dengan bunga sakura.

Bougenville Coconut Ice
Jenis Jenis Bunga Bugenvil - Coconut Ice
Bougenville Coconut Ice 

Jenis bougenville coconut ice terdapat dua varian yaitu dengan bunga berwarna putih dan bunga berwarna pink, namun yang lebih populer adalah bougenvill coconut ice varian bunga berwarna putih.

Bougenville Alexandra
Jenis Bougenville Alexandra
Bougenville Alexandra

Ada yang menyebut bahwa varian bougenville alexandra merupakan turunan dari spesies bougenville spectabilis, namun ada juga yang menyebutkan dari turunan spesies bougenville glabra. Atau mungkin ini merupakan hasil silangan antara spesies tersebut?

Bougenville Bambino
Jenis Bunga Bugenvil
Beberapa varian Bougenville Bambino

Demikian sedikit gambaran mengenai beberapa macam atau jenis dan varian dari bunga bougenville. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Jenis jenis Tanaman Bunga Bougenville"

Posting Komentar