IBX5980432E7F390 Adenium Tinggi Besar - Adenium Somalense Anaconda - Bunga-bunga

Adenium Tinggi Besar - Adenium Somalense Anaconda


Nama Adenium ini kok seperti nama ular ya. Mungkin karena adenium ini tumbuh besar seperti ular Anaconda. Adenium Anaconda merupakan adenium hybrida hasil persilangan antara Adenium Somalense dengan adenium obesum. Adenium jenis Anaconda ini diperkenalkan oleh pemulia asal negeri Siam Thailand, Mr. Somsak K. pada tahun 1990. Sudah cukup lama ya.
Adenium Tinggi Besar - Adenium Somalense Anaconda
Adenium Anaconda yang ditanam dalam pot
Adenium Somalense di habitat aslinya banyak ditemukan tumbuh di negara Afrika yaitu Somalia bagian Selatan, dan juga pernah ditemukan di lembah-lembah Kenya dan Tanzania. Adenium Somalense mempunyai daun berukuran panjang antara 5 hingga 10 cm dengan lebar antara 18 hingga 25 mm berwarna hijau cerah dengan urat-urat daun berwarna putih. Adenium Somalense dapat tumbuh dengan tinggi antara 3 hingga 4 meter jika ditanam di tanah tanpa pot.
Adenium Somalense dalam pot
Sedangkan adenium Anaconda mempunyai daun yang berwarna hijau lebih gelap dan keperakan dengan lebar daun lebih kecil dari adenium Somalense. Tinggi adenium Anaconda lebih tinggi dari Somalense yaitu dapat mencapai tinggi hingga 6 meter jika ditanam di tanah tanpa pot. Bunga adenium anaconda lebih banyak daripada adenium somalense.

Walaupun merupakan hasil persilangan antara adenium Somalense dengan adenium obesum, tapi adenium anaconda masih dikategorikan sebagai adenium somalense. Oleh karena itu nama lengkap tanaman ini disebut adenium somalense anaconda. Hal tersebut didasarkan pada karakter dari anaconda yang lebih condong kepada ciri-ciri somalense.

Karena adenium Anaconda ini merupakan hasil persilangan di Thailand, sepertinya di Indonesia jarang yang menjual dan mempunyai tanaman ini. Mungkin hanya kolektor dan penggemar adenium yang memiliki adenium ini.

Jika Anda tertarik ingin menanam adenium Anaconda ini tampaknya harus sabar menanam dari bijinya. Tanaman ini ada yang menjual dalam bentuk biji untuk disemai di beberapa marketplace online, tapi tampaknya biji tersebut juga diimpor dari negara asalnya, Thailand. So jadi mungkin lebih ekstra sabar menunggu pengiriman yang lebih lama jika impor ditambah harus menyemai biji.



0 Komentar Untuk "Adenium Tinggi Besar - Adenium Somalense Anaconda"

Posting Komentar