IBX5980432E7F390 Anggrek Bulan Puspa Pesona Bunga Nasional Indonesia - Bunga-bunga

Anggrek Bulan Puspa Pesona Bunga Nasional Indonesia


Dari berbagai jenis anggrek, bisa dikatakan bahwa anggrek bulan merupakan jenis anggrek yang paling populer di Indonesia. Jenis anggrek ini merupakan jenis anggrek yang bunga-nya mempunyai aroma harum mewangi dan memiliki waktu mekar bunga lebih lama dibandingkan jenis bunga anggrek lainnya. Maka tidak mengherankan bila Anggrek Bulan menjadi pilihan utama sebagai bunga hias yang kerap dipajang dalam ruang perkantoran. Dan anggrek bulan menjadi salah satu komoditi bunga hias serta koleksi pribadi.
Anggrek Bulan (Phalaenopsis Ambilis) Puspa Pesona Bunga Nasional Indonesia
Anggrek Bulan (Phalaenopsis Ambilis) Puspa Pesona Bunga Nasional Indonesia
Anggrek Bulan merupakan jenis anggrek dari genus Phalaenopsis, phalaenopsis sendiri artinya adalah kupu-kupu namun phalaenopsis kini identik dengan anggrek bulan. Di dunia anggrek bulan dikenal dengan nama Moon Orchid, di India disebut dengan Moth Orchid atau anggrek ngengat. Di Indonesia, anggrek bulan ditetapkan sebagai salah satu dari tiga Bunga Nasional Indonesia dengan nama Puspa Pesona melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993. Anggrek bulan yang menjadi Puspa Pesona adalah dari spesies Phalaenopsis Ambilis dengan ciri warna kelopak bunga putih dan lidah berwarna kuning, daunnya hijau berbentuk memanjang.

Penetapan bunga anggrek bulan sebagai salah satu Bunga Nasional Indonesia didasari beberapa hal antara lain:
  • Karakter dari bunga anggrek bulan dianggap dapat mewakili pesona dan keindahan Indonesia.
  • Masyarakat Indonesia sejak lama telah mengenal bunga anggrek bulan terbukti corak bunga ini dijadikan sebagai corak hias pada keris serta dekoratif pada batik.
  • Jumlah kelopak bunga anggrek bulan yang berjumlah 5 buah kelopak dianggap sebagai siombol falsafah Pancasila.
Spesies anggrek bulan (Phalaenopsis Amabilis) alami mempunyai kelopak lebar dengan warna putih, lidahnya berwarna kuning dan daunnya hijau dengan bentuk memanjang. Di habitat alami, anggrek bulan merupakan tanaman epifit yaitu jenis tanaman yang hidup dengan melekat atau menempel pada batang atau cabang pohon lain. Namun jika dibudidaya, anggrek bulan juga dapat hidup dalam pot-pot tanah dengan menggunakan media tanam seperti sabut kelapa, arang, atau batang kaliandra. Anggrek bulan di alam liar dapat tumbuh subur pada dataran hingga mencapai ketinggian 600 mdpl.
Anggrek Bulan Ungu
Anggrek Bulan Ungu
Anggrek bulan di alam liar menyebar mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua hingga benua Australia. Di Indonesia, anggrek bulan pertama kali ditemukan di Maluku pada sekitar tahun 1750. Saat ini keberadaan anggrek bulan di alam liar dikhawatirkan berkurang karena faktor faktor seperti deforestisasi (penebangan hutan), kebakaran hutan, banjir, pembalakan liar (iilegal lodging) dan pencurian. 
Anggrek Bulan Putih Dengan Lidah Ungu
Anggrek Bulan Putih Dengan Lidah Ungu
Anggrek bulan juga termasuk tumbuhan monopodial yaitu tidak mempunyai anakan yang tumbuh ke samping seperti jenis anggrek lain misalnya dendrobium. Oleh karenanya perbanyakan anggrek bulan secara alami relatif sulit dilakukan. Perbanyakan atau budidaya anggrek bulan lebih efektif dilakukan secara generatif melalui penyemaian biji bunga yang dilakukan melalui laboratorium.


Anggrek Bulan Hybrida

Seiring perkembangan dan kemajuan pertanian khususnya subsektor tanaman holtikultura, kini banyak bermunculan anggrek bulan hasil budidaya dengan cara persilangan yang kita kenal dengan nama Anggrek Hybrid atau Hybrida. Warna anggrek bulan hybrida pun kini beraneka warna cerah. Ada angrek bulan warna ungu, kuning, pink, merah, tutul atau lurik dll. Anggrek bulan hybrida yang banyak dijual di Indonesia, tidak hanya dari para pemulia anggrek tanah air namun juga banyak yang diimpor dari negara lain seperti Taiwan atau Thailand misalnya.
Anggrek-Bulan Hybida Taiwan
Anggrek-Bulan Hybida Taiwan

Anggrek Bulan Kuning Lurik Merah
Anggrek Bulan Kuning Lurik Merah
Kehadiran anggrek bulan hibrida tentu punya beberapa kelebihan dibandingkan dengan anggrek spesies, misalnya anggrek bulan hybrida mempunyai kombinasi warna yang menarik, kelopak bunga lebih besar dan tentu saja harga yang relatif lebih murah. Poin utama dan yang lebih penting dari budidaya anggrek bulan hybrida adalah tetap terjaganya keberadaan spesies anggrek bulan di habitat aslinya.

0 Komentar Untuk "Anggrek Bulan Puspa Pesona Bunga Nasional Indonesia"

Posting Komentar