IBX5980432E7F390 Bunga Cendrawasih Cantik Namun Ternyata Berbahaya..... - Bunga-bunga

Bunga Cendrawasih Cantik Namun Ternyata Berbahaya.....

Bungabunga - Jika mendengar kata "cendrawasih" mungkin kebanyakan orang akan menyebutnya dengan burung cantik dari Papua. Tetapi mungkin juga tak banyak yang tahu bahwa ada juga di dunia ini tanaman bernama yang bernama sama dengan burung tersebut atau barangkali pernah melihat bunga ini namun tak mengetahui jika bunga tersebut adalah bunga cendrawasih.

Bunga Cendrawasih Cantik Namun Berbahaya
Bunga Cendrawasih Cantik Namun Berbahaya

Bunga yang penampilannya bak burung cendrawasih sedang terbang dengan sayap mengepak ini punya nama latin "Strelitzia reginae" dengan nama famili "Strelitziaceae" dan dalam bahasa Inggris disebut "Bird of Paradise flower". Kelopak bunganya walau didominasi warna orange tapi punya perpaduan beberapa warna yaitu orange-biru, orange-biru dan orange-putih. Sungguh cantik kan bunga Cendrawasih?

Ukuran tinggi pohon bunga cendrawasih jenis strelitzia reginae mencapai tinggi hingga satu setengah meter. Sedangkan pohon bunga cendrawasih raksasa (giant bird of paradise flower) yang berjenis strelitzia nicolai dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 6 meter. Wow...tinggi ya?

Berbeda dengan burung Cendrawasih yang berasal dari pulau Papua (termasuk Papua Nugini), pulau-pulau di selat Torres dan wilayah Australia Timur, bunga Cendrawasih bukanlah berasal dari tempat-tempat tersebut. Tanaman bunga Cendrawasih justru berasal dari benua hitam, Afrika tepatnya Afrika Selatan. Walau berasal dari Afrika Selatan, namun tanaman bunga Cendrawasih dapat tumbuh subur dan berbunga.

Video Bunga Cendrawasih
Video Bunga Cendrawasih

Tanaman bunga cendrawasih mempunyai daun yang menyerupai daun pohon pisang namun ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki belalai seperti pohon pisang. Jangan keliru dengan tanaman atau pohon cendrawasih, karena keduanya sangat berbeda. Berikut perbedaan antara tanaman bunga Cendrawasih dengan Tanaman Cendrawasih

Perbedaan Tanaman Bunga Cendrawasih dan Tanaman Cendrawasih
Perbedaan Tanaman Bunga Cendrawasih dan Tanaman Cendrawasih

Bunga Cendrawasih ternyata berbahaya.....

Ya, bunga ini berbahaya jika hewan peliharaan seperti anjing atau kucing memakan bunga cendrawasih maka akan menyebabkan lidah terbakar, diare, muntah dan mengeluarkan air liur sangat banyak. Hal itu disebabkan bunga cendrawasih mengandung senyawa racun bernama hydrocyanic acid. Jika hewan peliharaan anda sering memakan bunga ini maka akan menyebabkan kematian pada hewan peliharaan anda.

Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Cendrawasih

Menanam dan merawat tanaman bunga Cendrawasih relatif mudah ya. Tanaman bunga ini dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan berbagai macam jenis tanah, dapat bertahan tanpa air selama beberapa minggu. Tanaman bunga ini juga termasuk tanaman yang menyukai sinar matahari. Selain ditanam di tanah langsung, tanaman bunga ini juga dapat ditanam di dalam pot.

Selain punya bunga yang cantik, penanaman dan perawatan yang mudah maka menanam tanaman bunga Cendrawasih layak dipertimbangkan. Agar hewan peliharaan anda tidak mendekati tanaman ini maka anda dapat membuat pagar dari bambu atau kawat ram. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Bunga Cendrawasih Cantik Namun Ternyata Berbahaya....."

Posting Komentar