IBX5980432E7F390 Vanda Douglas Anggrek Ungu Yang Menawan - Bunga-bunga

Vanda Douglas Anggrek Ungu Yang Menawan


Bungabunga - Salah satu jenis anggrek yang menjadi komoditas bunga potong segar adalah bunga anggrek dari jenis vanda douglas. Dibandingkan dengan jenis anggrek lain yang dijadikan bunga potong, ternyata anggrek jenis Vanda douglas mempunyai daya tahan yang lebih lama. Pemasaran anggrek vanda douglas sebagai bunga potong lebih banyak dilakukan di dalam negeri dan belum merambah ekspor karena faktor daya tahan (vase life) kesegaran tidak memungkinkan kecuali ditemukan cara atau teknologi baru yang mendukung.
Anggrek Vanda Douglas si Ungu yang menawan
Anggrek Vanda Douglas si Ungu yang menawan

Walaupun bernama depan "vanda" tapi Vanda douglas ini bukan anggrek dari genus Vanda, melainkan dari genus "papilionanthe". Anggrek vanda douglas merupakan anggrek hasil persilangan dari Vanda sanderiana dengan Vanda tricolorDi Singapura, seorang ahli Botani bernama Miss Joaquim pada tahun 1893 berhasil menyilangkan vanda hookeriana dengan vanda teres dimana hasil persilangan tersebut juga disebut sebagai vanda douglas. Ada juga yang menyebut dengan vanda Miss Joaquim.

Di Indonesia sendiri, anggrek Vanda Douglas ini pernah dikembangkan di Bandung pada sekitar tahun 1960-an oleh seorang pemulia anggrek bernama Edy Angkadiredja. Persilangan antara anggrek Vanda Douglas varietas Juliette dengan Vanda Burgeffii tersebut kemudian diberi nama "Vanda Genta Bandung". 

Sebenarnya ada perbedaan antara anggrek Vanda Douglas dengan Vanda Genta Bandung dimana anggrek Vanda Genta Bandung mempunyai ukuran bunga lebih besar dibanding anggrek Vanda douglas. Keduanya mempunyai warna yang sama yaitu warna ungu, namun warna Vanda Genta Bandung lebih cerah. Jenis vanda inilah yang banyak dibudidayakan hingga kini dan orang-orang lebih familiar menyebutnya sebagai vanda douglas saja dibandingkan dengan vanda genta Bandung.

Anggrek vanda douglas yang ada di luar negeri seperti Singapura atau Malaysia berbeda dengan anggrek douglas yang ada di dalam negeri. Selain bentuk, warna juga berbeda dimana vanda miss joaquim mempunyai warna putih sementara vanda douglas lebih dominan warna ungu.

Perbedaan Anggrek Vanda Miss Joaquim VS Vanda Douglas
Anggrek Vanda Miss Joaquim VS Vanda Douglas

Berdasarkan tempat tumbuhnya, Vanda douglas masuk dalam kelompok atau jenis anggrek "Terrestrial" yaitu anggrek yang tumbuh di atas tanah sehingga sering disebut dengan "anggrek tanah". Sedangkan dari pola tumbuhnya, tanaman anggrek vanda douglas ini masuk ke dalam kelompok atau jenis anggrek monopodial yaitu anggrek yang batang utamanya tumbuh ke atas tanpa batas.

Menjadi Ikon Kota Tangerang Selatan

Sejak era tahun 90-an, salah satu wilayah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yaitu Pamulang dikenal sebagai sentra tanaman anggrek vanda douglas. Sebagai pemasok vanda douglas di sentra pasar bunga terbesar di Indonesia yang berada di Rawa Belong, Jakarta Barat, anggrek-anggrek vanda douglas dari Pamulang mempunyai kualitas terbaik dibandingkan pemasok dari wilayah lain seperti dari Kabupaten Bogor. 

Tak salah (walau dapat dikatakan terlambat) jika kemudian Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel pada medio tahun 2017 menjadikan bunga anggrek warna ungu yang menawan ini sebagai salah satu ikon kota. Pemkot Tangsel pun mendapat dukungan dari keluarga alm. Edy Angkadiredja sebagai pemegang hak patent Vanda Douglas varietas Genta Bandung dengan menyerahkan hak patent tersebut kepada Pemkot Tangsel. Konsekuensi dari penetapan menjadi ikon adalah Pemkot harus dapat mempertahankan, menjamin kelangsungan dan tentunya mengembangkan budidaya anggrek vanda douglas. Sebuah tantangan yang berat mengingat lahan budidaya yang pasti menyusut dibandingkan pada era tahun 90-an akibat perkembangan dan kebutuhan jaman.

0 Komentar Untuk "Vanda Douglas Anggrek Ungu Yang Menawan"

Posting Komentar