IBX5980432E7F390 Mitos Seputar Tanaman Bunga Bougenville - Bunga-bunga

Mitos Seputar Tanaman Bunga Bougenville


Bunga Hias - Kita sering mendengar kata "mitos" yang secara sederhana diartikan sebagai sebuah cerita atau kisah tentang suatu hal. Mitos juga sering disinonimkan dengan istilah "Pamali". Mitos sendiri dapat dikatakan identik dengan hal-hal yang berbau mistis dan gaib. Setiap daerah punya cerita mitosnya masing-masing, biasanya terkait dengan adat dan tradisi yang berkembang dan turun temurun. Banyak yang mempercayai suatu mitos akan terjadi bila tidak dipatuhi dan tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa mitos hanyalah sebagai cerita tahayul (karangan) semata.

Mitos Bunga Bougenville
Mitos Seputar Bunga Bougenville

Di Indonesia banyak berkembang mitos dalam berbagai hal. Biasanya mitos ini merupakan cerita dari masa lalu. Ada mitos yang jika ditelaah maka mitos itu sangat dimaklumi terjadi dimasa lalu. Contoh : Memotong kuku pada malam hari akan memperpendek umur. Pada masa lalu, penerangan hanya menggunakan seperti lampu minyak atau obor yang tingkat keterangannya jelas berbeda dengan masa kini yang menggunakan lampu listrik, sehingga dikhawatirkan memotong kuku pada malam hari akan salah potong dan melukai jari. Perihal memperpendek umur, itu mungkin hanya sebagai peringatan keras untuk tidak memotong kuku pada malam hari.

Dalam dunia tanaman juga berkembang berbagai mitos tak terkecuali dengan mitos tentang bunga bougenville ini. Mitos yang selama ini beredar tentang bunga bougenville adalah tanaman bougenville merupakan salah satu tanaman pembawa sial apabila ditanam di pekarangan rumah. Kesialan tersebut yaitu dalam hal hubungan rumah tangga atau hubungan suami istri yang menjadi tidak harmonis. Mitos lain adalah menaman bunga bougenville di halaman rumah dapat membuat penghuni rumah menjadi boros dan sering ditipu dalam berbisnis. Masih banyak masyarakat yang percaya pada mitos-mitos dari tanaman bunga yang berasal dari Amerka Latin itu, namun tak sedikit juga yang tidak percaya mitos ini dengan tetap menanam tanaman bougenville di rumah bahkan ada yang menjadikan tanaman bunga bougenville sebagai tanaman seni bonsai.
Bonsai Bougenville
Bonsai Bougenville

Lucunya. mitos mengenai bunga bougenville ini hanya ada di Indonesia. Masyarakat di negara lain justru menganggap tanaman bunga bougenville ini sebagai tanaman bunga keberuntungan. 

Kalau ditelaah, apa hubungannya ya antara harmonisasi hubungan rumah tangga dengan menanam tanaman bunga bougenville di pekarangan rumah? Rasa-rasanya tidak ada hubungannya. Yang perlu diperhatikan dari tanaman bunga bougenville ini adalah letak atau spot penanaman yang tepat. Tanaman bougenville merupakan tanaman yang memiliki duri pada batangnya sehingga dikuatirkan durinya dapat melukai orang dan terutama anak-anak yang berdekatan dengan tanaman ini. Untuk itu tanamlah bunga kertas yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Berbanding terbalik dengan mitos bunga bougenville ditanam di pekarangan rumah, tanaman bunga bougenville justru banyak ditanam di jalan-jalan, taman-taman, landscape gedung dan perkantoran. Di negara Singapura, tanaman bougenville menjadi tanaman yang paling banyak ditanam menghiasi jalan-jalan di Singapura.

0 Komentar Untuk "Mitos Seputar Tanaman Bunga Bougenville"

Posting Komentar