IBX5980432E7F390 Mengenal Tanaman Bunga Anyelir Bunga Karnesen - Bunga-bunga

Mengenal Tanaman Bunga Anyelir Bunga Karnesen


Bunga Karnesen (bahasa Inggris: carnation) yang bernama ilmiah Dianthus caryophyllus ini dikenal di Indonesia sebagai bunga anyelir atau ada juga yang menyebutnya dengan bunga teluki. Bunga ini habitat aslinya berasal dari kawasan Mediterania yang ditemukan ribuan tahun yang lalu.
Bunga Anyelir-Carnation Merah
Bunga Anyelir-Carnation Merah

Bunga ini yang dalam bahasa Inggris dinamakan "carnation" konon berasal dari kisah pengangkatan raja Yunani bernama Coronation dimana bunga ini dijadikan sebagai simbol pada upacara pengangkatan raja Yunani tersebut.

Bunga Anyelir mempunyai warna-warna cerah seperti merah, putih, pink, kuning. Setiap warna dari bunga Anyelir mempunyai arti, makna dan mitosnya tersendiri. Bunga anyelir putih melambangkan cinta suci dan keberuntungan. Bunga Anyelir merah terang memiliki arti kecintaan, sementara yang berwarna merah gelap melambangkan kedalaman cinta dan kasih sayang. Bunga Anyelir warna pink banyak orang yang mempercayai sebuah mitos bahwa bunga ini berasal dari air mata Bunda Maria yang bermakna bahwa cinta seorang ibu tidak akan pernah hilang.

Bunga Carnation (Karnesen) alias Bunga Anyelir
Bunga Carnation (Karnesen) alias Bunga Anyelir warna pink

Bunga Anyelir bentuknya cantik dan memiliki aroma yang menyengat. Sebagian orang menyukai aroma yang menyengat tersebut, namun tak sedikit pula yang tidak menyukai aromanya. Aroma bunga memang sangat subyektif, ada yang suka dan ada yang tidak suka.

Tanaman bunga anyelir banyak dijadikan tanaman hias dan bunga Anyelir menjadi salah satu komoditas perdagangan bunga potong. Ada dua jenis tanaman bunga Anyelir menurut cara berbunganya yaitu bunga tunggal atau hanya ada satu bunga dalam satu tangkainya dan bunga majemuk dalam satu tangkai atau lebih dari satu bunga dalam satu tangkai (biasa disebut dengan jenis "spray").

Beberapa negara dengan tradisi penggunaan bunga Anyelir :
  • Korea, di negeri K-Pop ini bunga Anyelir adalah perlambang cinta, ketertarikan dan rasa syukur sehingga pada saat perayaan Hari Ibu, masyarakat Korea akan mengenakan bunga Anyelir warna merah atau pink
  • Polandia, bunga Anyelir biasa diberikan pada perempuan dalam setiap perayaan Hari Perempuan
  • Inggris, Universitas Oxford yang merupakan universitas tertua di Inggris, bunga Anyelir biasa digunakan pada saat sedang melaksanakan ujian.

Syarat Tumbuh

Sebagai tanaman hias, tanaman bunga anyelir dapat ditanam dan tumbuh pada dataran rendah walau pertumbuhannya tidak maksimal. Bila untuk pembudidayaan sebagai bunga potong, tanaman bunga Anyelir tumbuh baik bila ditanam pada ketinggian minimal 2000 mdpl, berudara sejuk dengan suhu antara 15 hingga 25 derajat celcius, ph tanah antara 6.5 hingga 7.


0 Komentar Untuk "Mengenal Tanaman Bunga Anyelir Bunga Karnesen"

Posting Komentar