IBX5980432E7F390 Mengenal Bunga Sedap Malam, Bunga Yang Memiliki Banyak Julukan - Bunga-bunga

Mengenal Bunga Sedap Malam, Bunga Yang Memiliki Banyak Julukan


Bunga sedap malam yang nama ilmiahnya Polianthes tuberosa ini diperkirakan berasal dari Meksiko, negara dimana bangsa Astek / Aztec pernah tinggal. Bangsa Astek menyebut bunga sedap malam dengan sebutan "omixochiti" yang artinya bunga tulang.

Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam


Selain sebutan omixochiti, bunga sedap malam juga mempunyai julukan atau sebutan berbeda di daerah atau negara lain.
  • Bangsa Persia menyebut bunga sedap malam dengan sebutan maryam yang merupakan nama umum untuk kaum perempuan. 
  • Di Singapura bunga sedap malam dijuluki xinxiao yang berarti tempat ngengat hinggap. Di India bagian timur, bunga ini disebut ratkirani yang berarti ratu malam.
  • Orang melayu menyebut bunga ini Sundal Malam.

Tanaman bunga yang mempunyai setidaknya 12 spesies dari genus polianthes ini merupakan tanaman semak berumbi, sedangkan tangkai bunganya dapat mencapai tinggi 45 cm. Tanaman ini akan berbunga setelah mencapai usia 4 hingga 5 bulan sejak dari awal penanaman. Tanaman bunga sedap malam dapat ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1400 mdpl. Budidaya tanaman bunga sedap malam biasanya ditanam di lahan terbuka tanpa menggunakan rumah-rumah perlindungan atau green house.


Salah satu perkebunan Bunga Sedap Malam di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur

Yang unik dari bunga sedap malam adalah bunganya juga hanya mekar dimalam hari saja. Hal itu terjadi karena proses fotosintesis tanaman ini terjadi pada malam hari. Aroma wangi bunga yang kuat juga muncul bersamaan dengan mekarnya bunga dimalam hari. Mekarnya bunga juga tidak bersamaan atau berbarengan, tapi berurutan. Dalam 1 batang atau tangkai setidaknya terdapat minimal 5 hingga 12 kuntum bunga, bunga yang mekar pertama atau yang paling awal adalah yang paling bawah kemudian akan diikuti bunga yang diatasnya, demikian seterusnya. Itulah mengapa bunga ini di Indonesia disebut dengan Bunga Sedap Malam.

Selain wangi, bunga Sedap Malam juga cantik kok
Selain wangi, bunga Sedap Malam juga cantik kok

Bunga yang menjadi lambang identitas flora provinsi Jawa Timur ini mampu bertahan antara 5 hingga 10 hari sejak dari awal pemotongan dari tanamannya. Ketahanan maksimal hingga 10 hari tersebut tergantung pada kondisi bunga dan penempatannya.

Penjualan bunga potong Sedap Malam biasanya ramai pada :
  • menjelang atau memasuki bulang ramadhan, dimana bunga ini banyak digunakan untuk keperluan ziarah (nyadran atau nyekar dalam bahasa Jawa) yang merupakan tradisi kebanyakan masyarakat Indonesia menjelang bulan puasa tsb.
  • menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, bunga sedap malam biasa dibeli untuk menjadi penghias dan pengharum ruang tamu.
  • musim dimana banyak orang melaksanakan pernikahan.
Selain dimanfaatkan sebagai komoditi bunga potong, aroma wangi yang khas dari bunga yang kebanyakan berwarna putih dengan ujungnya sedikit berwarna merah ini juga dimanfaatkan untuk diambil minyaknya sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

0 Komentar Untuk "Mengenal Bunga Sedap Malam, Bunga Yang Memiliki Banyak Julukan"

Posting Komentar