IBX5980432E7F390 Jenis Tanaman dan Bunga Yang Menjadi Penghias Ruangan - Bunga-bunga

Jenis Tanaman dan Bunga Yang Menjadi Penghias Ruangan


Penggunaan tanaman hias atau bunga dalam suatu ruangan mempunyai suatu tujuan, diantaranya untuk mempercantik ruangan, menambah suasana asri, agar ruangan terasa lebih hidup dan lain-lain. Bahkan dengan adanya tanaman yang berdaun hijau dalam ruangan diharapkan mengurangi kelelahan mata akibat terus berhadapan dengan layar monitor komputer, yaitu dengan memandang untuk beberapa saat setelah berjam-jam menatap monitor.
Ada banyak jenis baik tanaman hias maupun bunga yang menjadi penghias sebuah ruangan baik ruangan dalam rumah, ruang perkantoran atau pun ruang dalam suatu gedung maupun perhotelan. Namun dari berbagai jenis tanaman dan bunga, hanya ada beberapa jenis tanaman dan bunga yang umum atau banyak digunakan di Indonesia menjadi penghias ruangan.
Berikut ini beberapa jenis tanaman hias maupun bunga yang banyak dijadikan sebagai penghias ruangan :

Tanaman Palem
Tanaman Palem Penghias Ruangan Kantor
Tanaman Palem Kuning dalam ruangan

Ada berbagai jenis tanaman palem, namun yang sering dijadikan sebagai tanaman hias ruangan seperti ruang perkantoran salah satunya adalah jenis Palem Kuning. Sebagai penghias ruangan pot-pot tanaman palem kuning biasanya diletakan di pojok-pojok atau sudut ruangan, lobi atau dekat pintu masuk dan keluar gedung.
Baca juga : Mengenal Tanaman Palem

Bunga Anggrek dan Bunga Mawar


Bunga Anggrek Bulan dalam pot yang menjadi penghias meja kantor dan ruangan
Bunga Anggrek Bulan dalam pot yang menjadi penghias meja kantor dan ruangan

Di Indonesia, kedua bunga ini sangat sering digunakan untuk penghias ruangan, terutama perhotelan dan ruang perkantoran di bagian front desk seperti customer service, resepsionis, teller bank. Untuk bunga Anggrek, yang dijadikan sebagai penghias dapat berbentuk bunga potong dan ada yang berupa beserta tanamannya (istilahnya bunga hidup).
Artikel terkait : Mengenal Bunga Anggrek 
Bunga Mawar Segar dalam vas
Bunga Mawar Segar dalam vas
Artikel terkait Tentang Bunga Mawar 
Spider Plant
Tanaman Hias dalam ruangan - Spider-Plant
Tanaman Hias dalam ruangan - Spider-Plant

Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini disebut juga sebagai tanaman Lili Paris. Ia dapat tumbuh baik walau tidak terkena sinar matahari langsung. Jika di rumah-rumah, tanaman ini menjadi tanaman hias gantung. Jika untuk hiasan dalam ruang perkantoran, ia ditempatkan dalam pot-pot kecil.

Tanaman Payung (Umbrella Plant)


Tanaman Hias ruangan- Umbrella Plant (Tanaman Payung)
Tanaman Hias ruangan- Umbrella Plant (Tanaman Payung)

Sering juga disebut dengan nama tanaman Walisongo. Tanaman bernama latin Schefflera ini mempunyai daun unik yang jika dilihat dari kejauhan seperti daun palsu atau buatan karena daunnya berkilau. Tanaman Payung dapat bertahan dalam kondisi ruangan yang sangat sedikit mendapat cahaya matahari, itulah sebabnya tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias ruangan yang terbaik. Tanaman ini ada dua warna daun, yang pertama berdaun hijau dan yang satunya berdaun hijau dengan semburat warna kuning.

Bambu Rejeki
Tanaman Bambu Rejeki, Tanaman Hias Ruangan
Tanaman Bambu Rejeki, Tanaman Hias Ruangan

Tanaman Bambu Rejeki (Ribbon Plant) atau ada juga yang menyebut bambu hoki sebenarnya bukanlah jenis tanaman bambu. Tanaman yang bernama latin Dracaena sanderiana ini masih termasuk famili lily. Tanaman Bambu Rejeki menjadi salah satu tanaman penghias ruangan yang dipercaya mendatangkan keberuntungan. Tanaman ini di habitat aslinya merupakan tanaman yang tumbuh di bawah tanaman-tanaman tinggi besar sehingga tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Yang unik dari tanaman ini adalah dapat dibentuk dengan melalui batangnya.

Tanaman Kaktus


Tanaman Hias Ruangan - Kaktus Mini
Tanaman Hias Ruangan - Kaktus Mini 

Tak sedikit orang yang menjadikan tanaman khas berduri ini sebagai tanaman hias dalam ruangan, biasanya yang dijadikan hiasan adalah jenis kaktus mini. Selain relatif mudah perawatannya, tanaman kaktus juga layak sebagai tanaman hias apalagi ketika sudah muncul bunganya akan tampak semakin indah.

Tananam Philodendron
Tanaman Philodendron Penghias Ruangan
Tanaman Philodendron Penghias Ruangan

Philodendron selain tanamannya, daunnya juga menjadi salah satu komponen dalam dekorasi. Ada berbagai jenis philodendron yang dijadikan tanaman hias untuk memperindah ruangan, seperti philodendron jari, philodendron black cardinal, philodendron monstera dan masih banyak lagi.
Artikel terkait : Mengenal Philodendron

Masih banyak lagi jenis tanaman yang dapat menjadi penghias ruangan, baik di rumah, hotel maupun gedung perkantoran.

0 Komentar Untuk "Jenis Tanaman dan Bunga Yang Menjadi Penghias Ruangan"

Posting Komentar