IBX5980432E7F390 Bunga Adenium Si Bunga Mawar Gurun - Bunga-bunga

Bunga Adenium Si Bunga Mawar Gurun


Bunga Adenium si Bunga Mawar Padang Pasir
Salah satu jenis Adenium
Adenium, banyak orang yang menyebutnya dengan bunga kamboja Jepang. Padahal tanaman bunga ini tidak satu famili dengan tanaman bunga kamboja yang sering kita lihat di tempat-tempat pemakaman atau taman-taman. Bentuk daun, batang dan bunga dari tanaman kamboja sangat berbeda dengan adenium. Asal kedua tanaman juga berbeda, dimana tanaman kamboja berasal dari Amerika Tengah sedangkan Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika.
Tanaman kamboja dapat tumbuh tinggi hingga mencapai hingga 3 meter dengan cabang-cabang yang cenderung tidak tegak lurus. Sementara tanaman adenium secara umum hanya tumbuh tidak sampai satu meter, namun kebanyakan orang membentuk tanaman adenium menjadi mini seperti bonsai. Seni bonsai merupakan seni yang berasal dari negara Jepang, yaitu seni membentuk tanaman hingga menyerupai tanaman miniatur. Mungkin karena hal itulah mengapa orang kita menyebutnya dengan Kamboja Jepang.


Perbedaan tanaman adenium dan kamboja
Di luar negeri, bunga Adenium dijuluki sebagai mawar gurun atau padang pasir (Desert rose) karena habitat asli tanaman bunga adenium yang tumbuh di daerah padang pasir yang panas dan kering. 

Sebagai tanaman hias, tanaman adenium lebih banyak ditanam dalam wadah atau pot. Hal tersebut dikarenakan habitat asli tanaman tersebut yang berasal dari daerah panas dan kering atau gurun pasir sehingga dibutuhkan media tanam khusus yang mirip atau cocok dengan asal habitatnya. Jika sedang berbunga, tanaman adenium juga dapat dijadikan tanaman hias di meja. Tentu saja dalam wadah atau pot yang berukuran kecil serta ukuran tanaman adenium yang kecil.

Spesies asli adenium terbagi dua jenis :
  1. Adenium Obesium, cirinya adalah daunnya tebal dan bonggol batang bawah besar dengan cabang tunggal tumbuh di atasnya. Warna bunga umumnya merah, putih atau pink. Kelopak bunganya berbentuk tunggal.
  2. Adenium Arabicum, daunnya lebih tipis dari jenis adenium obesium. Bonggol batang bawah lebih besar dengan tumbuh cabang banyak di atasnya. Ukuran bunganya juga relatif lebih kecil dari jenis obesium. Bentuk kelopak bunganya kebanyakan bunga tumpuk (berlapis).
Selain spesies asli di atas ada beberapa jenis varian adenium lain seperti adenium socotranum, adenium swazicum, adenium somalense, adenium bohemianum. Adenium somalense dapat dikatakan sebagai adenium raksasa karena dapat tumbuh tinggi hingga 3 meter.

Negara-negara yang dikenal sebagai penghasil atau produsen tanaman adenium yaitu Thailand, Taiwan, China, India dan Amerika Serikat. Selain pengembangan spesies adenium asli, negara-negara tersebut juga mengembangan adenium hasil persilangan antar spesies.

0 Komentar Untuk "Bunga Adenium Si Bunga Mawar Gurun"

Posting Komentar