IBX5980432E7F390 Bunga Matahari, si Kuning yang Memikat - Bunga-bunga

Bunga Matahari, si Kuning yang Memikat


Setelah bunga mawar, bunga lain yang cukup popular di dunia adalah bunga matahari. Hasil pencarian di internet dengan kata kunci "bunga" juga akan memunculkan berita dan artikel yang terkait dengan bunga matahari. Tanaman bunga matahari (dalam bahasa Inggris dikenal sebagai sun flower) merupakan tumbuhan semusim yang termasuk dalam suku kenikir-kenikiran dari famili asteraceae yang juga merupakan famili dari bunga aster. Pantas bentuknya mirip ya.
Bunga Matahari si Kuning yang memikat
Bunga Matahari si Kuning yang memikat


Ukuran tanaman bunga matahari dapat mencapai tinggi dua hingga 2,5 meter. Yang cukup unik, ketika tanaman ini berbunga maka bunganya akan menghadap ke arah terbitnya matahari dan selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari. Selain itu, warna bunga matahari identik dengan warna kuning terang (walaupun ada jenis lain berwarna merah), ukurannya cukup besar dibanding jenis bunga lain pada umumnya dan bentuknya bulat seperti matahari sedang bersinar. Mungkin karena keunikan, warna  dan bentuknya tersebut maka bunga ini kemudian disebut dengan bunga matahari.

Bunga matahari selain menjadi tanaman hias juga dimanfaatkan sebagai tanaman produksi seperti tanaman penghasil minyak, kemudian biji bunga matahari biasanya juga dijadikan panganan ringan yang kita kenal bernama "kwaci". Selain itu, dari biji bunga matahari juga dimanfaatkan untuk keperluan kosmetika serta kesehatan karena biji bunga matahari mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, Thiamin, Riboflavin, Niacin, Panthenic acid, folates, pyridoxine, phosporus, Zinc, magnesium dan pitosterol. Oh ya, kandungan pitosterol sangat berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

Sama seperti halnya dengan bunga-bunga lainnya, bunga matahari juga mempunyai berbagai macam jenis antara lain :

  1. Giant Sun Gold
  2. Teddy Bear
  3. Big Smile
  4. Earth Walker
  5. Cherry Rose
  6. Early Russsian
  7. Music Box
  8. Red Sun
  9. Moonwalker
  10. Valentine
  11. Velvet Queen
  12. Pacino
  13. Autum Beauty
Bunga Matahari Merah (Red Sunflower)
Bunga Matahari Merah (Red Sunflower)
Menanam Tanaman Bunga Matahari

Jika tanaman bunga matahari ingin dijadikan tanaman hias, apakah bisa ditanam di dalam pot? Jawabannya bisa, namun pertumbuhannya tidak akan maksimal. Lebih baik ditanam di tanah (grounding) maka pertumbuhannya akan maksimal. Selain itu, tanaman bunga ini sangat suka cahaya matahari maka tanam di atas lahan yang terbuka tanpa halangan seperti pohon besar yang menghalangi masuknya sinar matahari.

0 Komentar Untuk "Bunga Matahari, si Kuning yang Memikat"

Posting Komentar