IBX5980432E7F390 Adenium Dengan Bunga Tumpuk (Berlapis) - Bunga-bunga

Adenium Dengan Bunga Tumpuk (Berlapis)


Jenis adenium dilihat dari bentuk bunganya terbagi dua, yang pertama jenis bunga dengan kelopak tunggal (single petal) dan jenis rosy (kelopak bunga tumpuk / berlapis) atau disebut juga double petal. Kali ini kita akan membahas mengenai adenium jenis rosy atau bunga bertumpuk. Di Indonesia, adenium bunga tumpuk sering disebut dengan "kamboja mawar ". Seiring perkembangan, jenis adenium dengan bunga tumpuk juga lumayan banyak variannya dengan berbagai macam warna yang merupakan hasil dari persilangan adenium yang dikenal juga sebagai adenium hybrida.
Tak salah jika bunga adenium tumpuk disebut dengan rosy (yang berasal dari kata "rose" yang berarti mawar), karena memang tampilan bunga adenium tumpuk laksana bunga mawar. Bedanya jika pada bunga mawar, kelopaknya lebih tebal dibandingkan dengan bunga adenium. Berikut ini beberapa jenis varian adenium bunga tumpuk :

1. Adenium Heaven
Adenium Bunga Tumpuk varian Seven Heaven
Adenium Bunga Tumpuk varian Seven Heaven
varian adenium dari jenis obesum ini bunganya berwarna merah dan semburat putih pada ujung kelopak bunga dengan petal atau kelopak bertumpuk dari 4 hingga 5 kelopak. Bahkan ada varian seven heaven yang kelopaknya mencapai 7 tumpuk kelopak.

2. Adenium Candik Ayu
Adenium bunga tumpuk varian Candik Ayu
Adenium bunga tumpuk varian Candik Ayu
Dari namanya bisa ditebak bahwa adenium ini merupakan adenium hasil persilangan dari para pemulia adenium tanah air. Bunga adenium candik ayu berwarna putih dengan warna merah muda pada pinggir setiap kelopaknya. Setiap bunganya rata-rata ada 6 tumpuk kelopak.

3. Adenium Double White
Adenium bunga tumpuk Doodle White - Double white
Adenium bunga tumpuk Double White
Dari namanya jelas bahwa bunga adenium ini berwarna putih bersih. Jika dilihat dari bentuk daunnya, masih termasuk spesies adenium obesum. Di Thailand, dikenal dengan nama Rosy Adenium White Snow (putih salju).

4. Adenium Jupiter
Adenium Bunga Tumpuk - Jupiter
Adenium Jupiter
Varian baru adenium dari spesies adenium obesum ini baru dirilis pada tahun 2017. Warna bunga full merah dengan warna splash hitam di tengah bunga. Pinggir kelopaknya tidak rata dan bergelombang.

5. Adenium Happy Gold
Adenium Bunga Tumpuk Happy Gold
Adenium Bunga Tumpuk Happy Gold
Adenium happy gold ini merupakan hasil persilangan dari beberapa adenium dari spesies obesum. Sesuai namanya, adenium ini berwarna kuning cerah keemasan.

6. Adenium Jade Kirin
Adenium Bunga Tumpuk Jade Kirin
Adenium Bunga Tumpuk Jade Kirin
Tampilan bunga adenium Jade Kirin berwarna kuning dengan pinggirian petal atau kelopak berwarna semu merah ini memang mirip dengan bunga mawar. Cantik bukan?

7. Adenium Jenthik Manis
Adenium bunga tumpuk Jenthik Manis
Adenium bunga tumpuk Jenthik Manis
Dari namanya seperti adenium candhik ayu, adenium ini juga bisa ditebak sebagai hasil persilangan oleh para pemulia adenium di tanah air. Tampilannya mempesona dengan warna kuning lembut dengan warna merah muda pada pinggiran kelopaknya.

8. Adenium Chok An Nuay

Adenium tumpuk Chok Am Nuay
Adenium tumpuk Chok Am Nuay
Adenium ini merupakan adenium hybrida dari negeri gajah putih alias Thailand yang dikenal sebagai salah satu negara yang banyak melakukan pemuliaan tanaman bunga adenium. Maka tak heran dari negara tersebut banyak bermunculan varian atau variatas adenium hybrida baru.

Nah itulah beberapa varian (dari ratusan) adenium bunga tumpuk yang sebagian besar merupakan hasil persilangan atau hybrida. Anda sudah punya yang mana? atau Anda tertarik untuk menanam adenium?


0 Komentar Untuk "Adenium Dengan Bunga Tumpuk (Berlapis)"

Posting Komentar