IBX5980432E7F390 Anggrek-Anggrek Hibrida Karya Anak Bangsa - Bunga-bunga

Anggrek-Anggrek Hibrida Karya Anak Bangsa


Indonesia kaya akan keanekaragaman flora, seperti bunga anggrek misalnya. Dari 43.000 spesies anggrek dan 35.000 varietas anggrek hibrida yang ada di seluruh dunia, Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 5.000 hingga 6.000 spesies anggrek. Namun dari 35.000 varietas anggrek hibrida di seluruh dunia, tidak banyak jenis atau varietas anggrek hibrida yang dihasilkan Indonesia. Kita masih kalah dengan negara-negara lain seperti Thailand, dan Taiwan.
Dendrobium Indonesia Damai, anggrek hibrida karya anak bangsa
Dendrobium Indonesia Damai, anggrek hibrida karya anak bangsa


Walau demikian, setidaknya anak-anak bangsa ini telah berhasil melahirkan cukup banyak varietas anggrek hibrida dan telah diregistrasi di Royal Horticultural Society (HRS) sebuah lembaga Internasional yang mencatat dan mengakui jenis anggrek seluruh dunia yang berkantor di London, Inggris.

Berikut ini anggrek-anggrek hibrida karya anak bangsa Indonesia:

Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono.

Alm. Ibu Ani Yudhoyono yang menyukai berbagai jenis tanaman dan gemar berkebun ini namanya turut diabadikan menjadi salah satu varietas anggrek baru hasil persilangan di Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia LIPI pada tahun 2008. Nama anggrek hibrida karya anak bangsa tersebut diberi nama Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono.

Anggrek-anggrek Bernama Pemimpin dan Tokoh Dunia
Anggrek Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono

Phalaenopsis Harto Kolopaking

Anggrek hibrida ini merupakan satu dari sekian banyak karya Bapak Atmo Kolopaking yang dikenal sebagai salah satu senior dan maestro anggrek Indonesia. Phalaenopsis Harto Kolopaking merupakan persilangan dari dua spesies yaitu Phalaenopsis viridis dengan Phalaenopsis stuartiana varian punctatissima. Anggrek ini sudah diregister oleh beliau pada tahun 1989.
Anggrek Hybrida Karya Anak Bangsa
Anggrek Phalaenopsis Harto Kolopaking
Entah kenapa hasil persilangan tersebut diregistrasi dengan nama Phalaenopsis Harto Kolopaking, yang jelas nama Harto Kolopaking adalah pemilik usaha Graha Anggrek Si Manis di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang bergerak dibidang usaha budi daya anggrek.
Anggrek ini telah dipasarkan hingga ke luar negeri lho.



Dendrobium Indonesia Raya
Salah satu varian Anggrek Dendrobium Indonesia Raya
Salah satu varian Anggrek Dendrobium Indonesia Raya
Anggrek yang pernah populer beberapa tahun yang lalu ini merupakan anggrek dendrobium hibrida silangan dendrobium kimbora dengan dendrobium wee lian karya alm. Wirakusuma Silamurti. Dendrobium Indonesia Raya memiliki beberapa varian yaitu Dendrobium Indonesia Raya var. Edina, Dendrobium Indonesia Raya var. Ina, Dendrobium Indonesia Raya var. Ayah dan Dendrobium Indonesia Raya #3. Dendrobium Indonesia Raya telah diregistrasi di RHS pada tanggal 12 Januari 2007. Salah satu ciri khas dari anggrek dendrobium Indonesia Raya adalah warna bunga dominasi ungu dengan semburat warna putih.

Dendrobium Indonesia Emas
Anggrek-Anggrek Hibrida Karya Anak Bangsa
Dendrobium Indonesia Emas
Merupakah hasil persilangan dendrobium golden triumph dengan dendrobium tangerinum. Pada tanggal 20 Juni 1995, Dendrobium Indonesia Emas diregistrasi di RHS oleh Sien Orchid (pemulia anggrek dari Pasuruan, Jawa Timur yang memiliki agrowisata anggrek).

Selain dendrobium Indonesia Emas, Sien Orchid juga melahirkan dan meregistrasi varietas anggrek hibrida lain. Yang unik, penamaan varietas baru tersebut selain menggunakan kata "Indonesia" juga banyak menggunakan kata yang diambil dari nama pulau atau nama daerah di Indonesia. Berikut ini varietas anggrek dari Sien Orchid tersebut :

  • Dendrobium Indonesia Beauty 
  • Dendrobium Indenesia Bersatu
  • Dendrobium Bali Moon
  • Dendrobium Bali Queen
  • Dendrobium Bali Dancer
  • Dendrobium Cinta Aceh
  • Dendrobium Cinta Papua
  • Dendrobium Maluku Indah
  • Dendrobium Pita Loka
  • Dendrobium Pasuruan Indah
  • Dendrobium Tretes Moon
  • Dendrobium Sentani Blue
  • Dendrobium Kim Bora
  • Dendrobium Kim Manjo

Dendrobium Unej-1 dan Unej-2

Unit Pelaksana Teknis Agrotechnopark Universitas Jember (Unej), Jawa Timur berhasil melahirkan dua jenis anggrek baru yang diberi nama Dendrobium Unej-1 dan Dendrobium Unej-2. Kedua jenis anggrek tersebut telah didaftarkan dan memperoleh pengakuan dari RHS-London, Inggris.
source unej.ac.id
Dendrobium Unej-1 merupakan hasil persilangan antara dendrobium Ken Arok dengan dendrobium anand satyanand, sedangkan Dendrobium Unej-2 merupakan hasil persilangan antara dendrobium rum beauty dengan dendrobium odoardi.

Sebenarnya masih banyak varietas anggrek hibrida hasil persilangan karya anak bangsa ini, namun ada yang tidak dipublikasikan, kurang publikasi atau bahkan tidak diregistrasi sehingga tidak tercatat secara resmi dan kurang dikenal luas di tanah air. Hal ini bisa kita lihat ketika kita menelusuri penjualan anggrek melalui online akan kita temui nama-nama jenis anggrek hibrida hasil persilangan lokal. Semisal dendrobium bayangkara, dendrobium bumi menangis, dendrobium imelda marina masagung dan masih banyak lagi.

0 Komentar Untuk "Anggrek-Anggrek Hibrida Karya Anak Bangsa"

Posting Komentar