IBX5980432E7F390 Tanaman Hortikultura Itu Apa Sih? - Bunga-bunga

Tanaman Hortikultura Itu Apa Sih?


Sering atau pernah mendengar istilah "Hortikultura"? pastilah. Ya, tanaman hias, tanaman tomat atau tanaman cabai seringkali orang menyebutnya sebagai tanaman hortikultura. 
Kata Hortikultura merupakan kata serapan dari bahasa Inggris "Horticulture". Horticulture sendiri berasal dari bahasa latin, hortus dan cultura. Hortus berarti tanaman kebun dan cultura berarti budidaya. Dengan demikian kata hortikultura secara sederhana dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun.
Namun dalam penggunaan selanjutnya, kata hortikultura digunakan secara lebih luas dan modern meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, teknik panen serta pengemasan dan distribusi. Di Indonesia, hortikultura menjadi salah satu komoditas pertanian yang diunggulkan.

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa hortikultura hanya mencakup tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, padahal keduanya hanya sebagian dari tanaman hortikultara dimana hortikultura melingkupi kelompok atau sub. :
  1. Olerikultura 
  2. Frutikultura 
  3. Florikultura 
  4. Biofarmaka 
  5. Landscape 
Olerikultura (Tanaman Sayuran)


Hortikultura sub olerikultura tanaman sayuran
sebagian jenis sayuran

Secara garis besar, olerikultura dibagi menjadi dua yaitu tanaman sayuran tahunan dan tanaman sayuran musiman. Tanaman yang masuk dalam kelompok tahunan adalah tanaman sayuran seperti bayam, selada, cabai, bawang, tomat, kentang, kol, kacang panjang, buncis, wortel, kentang, dan sayuran asli Indonesia. Sedangkan yang masuk ke dalam tanaman sayuran musiman yaitu melinjo, jengkol, petai / pete. 

Pembaca mungkin tidak mengira bahwa dalam hortikultura, Melon dan Semangka masuk dalam kelompok Olerikultura bukan Frutikultura. Kenapa? karena tanaman melon dan semangka dianggap kelompok tanaman sayuran yang dipanen buahnya.

Frutikultura (Tanaman Buah-buahan)
Hortikultura sub frutikultura (buah-buahan)
Hortikultura sub frutikultura (buah-buahan)

Sama dengan olerikultura, tanaman buah-buahan dalam kelompok frutikultura terbagi menjadi dua jenis tanaman buah-buahan yaitu tanaman buah-buahan tahunan dan tanaman buah-buahan musiman. Jenis tanaman buah-buahan tahunan berarti berati berbuah tanpa mengenal musim seperti pisang, pepaya, apel, anggur dll. Sementara tanaman buah-buahan musiman seperti rambutan, duku, kelengkeng dll. Dengan kemajuan teknologi pertanian yang kita kenal dengan istilah bioteknologi, kini ada buah-buahan jenis tertentu yang dapat diprogram untuk berbuah sepanjang tahun seperti durian.

Florikultura (Tanaman Bunga)


Hortikultura sub florikultura

Hortikultura sub florikultura (Tanaman Bunga)

Yang termasuk di dalam florikultura adalah tanaman bunga yang dapat dibudidayakan dan biasanya bunganya dapat dijadikan sebagai komoditi bunga potong segar atau daunnya dijadikan sebagai komoditi. Contoh tanaman bunga mawar, bunga anggrek, bunga krisan, bunga gerbera, bunga lily, bunga sedap malam, bunga bokor dll, sedangkan tanaman yang daunnya menjadi komoditi ekonomi untuk dekorasi seperti tanaman ruskus, leather leaf dll.

Biofarmaka (Tanaman Obat dan Kosmetika)


Hortikultura sub Biofarmaka (Tanaman Obat)

Tanaman biofarmaka sering disebut dengan TOGA (Tanaman Obat keluarGA) atau disebut dengan tanaman apotek hidup. Secara umum tanaman biofarmaka dibagi menjadi dua yaitu tanaman obat rimpang dan tanaman obat non-rimpang.
  • Tanaman obat rimpang adalah jenis tanaman yang buahnya (berupa bonggol atau umbi yang ada di bagian bawah tanaman) sebagai bahan untuk obat dan juga kosmetik. Contoh tanaman obat rimpang yaitu jahe, kunyit, kencur, temulawak, lengkuas dll.
  • Tanaman obat non-rimpang adalah jenis tanaman yang buah, bunga, daun, batang atau akarnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat atau kosmetik. Contoh tanaman obat non-rimpang antara lain lidah buaya, mahkota dewa, kumis kucing, brotowali dll.
Landscape / Lanskap (Taman dan Penataan Lingkungan)

Jenis tanaman dalam kelompok ini adalah tanaman yang dapat dibudidayakan dan jika ditanam akan memberikan nilai tambah terhadap keindahan dan penataan lingkungan. Termasuk dalam kelompok ini adalah terkait dengan hal-hal pertamanan seperti konsep taman rumah, taman perkantoran, taman gaya Bali, taman minimalis, taman bergaya Jawa, taman bergaya Jepang, taman bergaya Eropa dll yang masing-masing mempunyai kekhasan yang berbeda-beda. Contoh jenis tanaman dalam kelompok ini antara lain : pucuk merah, tanaman cemara kipas, cemara udang, palem-paleman, bougenvil, kaktus dll.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kalau bonsai dan tanaman semacam aglaonema dll itu masuk ke kelompok mana ya?

Tanaman Bonsai dapat dikelompokkan ke dalam tanaman Lanskap, contoh tanaman beringin yang kini banyak dibuat menjadi bonsai sebagai penghias taman. Kemudian tanaman seperti aglonema dll. adalah termasuk tanaman hias yang mempunyai nilai menambah keindahan lingkungan sehingga bisa dikategorikan sebagai tanaman lanskap.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian, kelompok dan jenis tanaman hortikultura. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar Untuk "Tanaman Hortikultura Itu Apa Sih?"

Posting Komentar