IBX5980432E7F390 Temulawak Tanaman Obat-obatan Yang Ternyata Punya Bunga Yang Indah - Bunga-bunga

Temulawak Tanaman Obat-obatan Yang Ternyata Punya Bunga Yang Indah


Tanaman Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura sub biofarmaka, yaitu jenis tanaman obat-obatan dalam kelompok tanaman obat rimpang yaitu tanaman berumbi dan tumbuh akar menjalar di bawah permukaan tanah yang menghasilkan tunas baru. Tanaman temulawak yang bernama latin curcuma xanthorrhiza ini termasuk dalam famili Zingiberaceae atau Temu-temuan. Jadi masih bersaudara dengan kunyit dan jahe.
Tanaman Temulawak
Tanaman Temulawak


Bunga Tanaman Temulawak
Bunga Tanaman Temulawak

Mungkin banyak orang mengira (termasuk penulis) bahwa tanaman temulawak adalah tanaman yang tidak memiliki bunga, ternyata perkiraan penulis salah. Tanaman yang dalam bahasa Sunda disebut koneng gede ini ternyata memiliki bunga yang indah juga lho. Warna bunga biasanya berwarna pink (karena ada juga yang berwarna sedikit ungu) dengan semburat putih atau kekuningan di pangkal kelopak bunga. Batang bunganya memanjang ke atas. Kelopak bunganya berbentuk panjang yang ujungnya mengerucut lancip.
bunga tanaman temulawak

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa tanaman temulawak termasuk dalam famili Zingiberaceae dimana zingiberaceae masuk ke dalam suku tanaman berbunga. Jadi jangan heran lagi ya jika tanaman temulawak dapat berbunga.

0 Komentar Untuk "Temulawak Tanaman Obat-obatan Yang Ternyata Punya Bunga Yang Indah"

Posting Komentar