IBX5980432E7F390 Tanaman Vanili Sekeluarga Dengan Tanaman Anggrek? - Bunga-bunga

Tanaman Vanili Sekeluarga Dengan Tanaman Anggrek?


Vanili atau juga disebut vanila adalah salah satu aroma pewangi makanan dan minuman, bahannya dihasilkan dari biji atau sering disebut "polong" yang berasal dari tanaman yang bernama sama yaitu tanaman Vanili. Tanaman Vanili aslinya berasal dari negara Amerika Latin dan dikenal pertama kali oleh salah satu suku bangsa Indian yaitu suku Aztec yang mendiami di kawasan yang kini menjadi bagian dari negara Mexico.
Tanaman vanili pada akhirnya kemudian menyebar ke seluruh dunia terutama negara-negara dengan iklim tropis karena tanaman ini dapat tumbuh baik di tempat yang beriklim tropis. Di Indonesia, tanaman vanili dibawa langsung dari Mexico (Meksiko) oleh pemerintah Hindia Belanda pada sekitar abad 17.
Berdasarkan klasifikasi ilmiah, tanaman vanili masuk dalam klasifikasi Famili Orchidaceae.
Tanaman vanili sekilas mirip tanaman anggrek
Berdasarkan klasifikasi ilmiah, tanaman vanili masuk dalam klasifikasi Famili Orchidaceae. Lho, berarti masih satu keluarga dengan anggrek dong ya? Ya betul, tepatnya merupakan sub-family vanilloideae dan dilihat dari bentuk daun dan bunganya memang sangat mirip tanaman anggrek jenis tertentu, makanya banyak yang menganggap vanili ini sebagai anggrek hutan. Berikut penampakan bunga vanili :
Tanaman Vanili Sekeluarga Dengan Tanaman Anggrek?
Bunga vanili, mirip bunga anggrek kan?
Apakah Tanaman Vanili dapat dibudidayakan?

Tanaman yang pertumbuhannya merambat ke atas ini walau dianggap sebagai "anggrek hutan" namun dapat dibudidayakan sebagaimana penjelasan diawal artikel ini bahwa tanaman vanili dibawa masuk ke Indonesia oleh Pemerintah Hindia Belanda yang artinya tanaman ini dapat dibudidayakan.


Dari banyak jenis vanili (tidak kurang ada 150 jenis vanili yang tersebar di seluruh dunia), hanya ada 3 (tiga) jenis vanili yang banyak dibudidayakan di dunia yaitu :
  • Vanili Planifolia
  • Vanili Tahitensias
  • Vanili Pompona
Dari ketiga jenis vanili tersebut, jenis vanili planifolia merupakan jenis vanili yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

Uniknya, tanaman vanili yang berada di Meksiko penyerbukan bunganya untuk menjadi buah dibantu oleh seranggan alami yaitu sejenis lebah yang disebut "Melipona bee". Sedangkan tanaman vanili yang berada di luar negara Meksiko dan terutama tanaman vanili yang dibudidayakan, penyerbukannya bunganya dilakukan dengan bantuan manusia atau penyerbukan secara manual yang disebut dengan "polinasi".

Negara Penghasil Vanili Terbesar 

Walau merupakan asal tanaman vanili, faktanya negara Meksiko hanya berada di urutan ke-empat negara penghasil "emas hijau" (julukan untuk komoditi vanila) dibawah negara Indonesia, sementara urutan pertama penghasil vanili terbesar dihasilkan dari sebuah negara di Afrika bagian Timur yaitu Madagaskar. Indonesia? Ya, Indonesia merupakan negara penghasil vanila terbesar kedua di dunia. Berikut ini 5 Besar Negara penghasil vanila di dunia :
  1. Madagaskar
  2. Indonesia
  3. China
  4. Meksiko
  5. Papua New Guinea
Tertarik budidaya vanila si Emas Hijau?

0 Komentar Untuk "Tanaman Vanili Sekeluarga Dengan Tanaman Anggrek?"

Posting Komentar